Sukses

Mengatasi Masalah Gusi Berdarah

Mengatasi masalah gusi berdarah, bagaimana caranya? Berikut info medis dari drg. Arni Maharani

Mengatasi masalah gusi berdarah haruslah dilakukan dengan baik dan benar, khususnya untuk  Anda yang ketika menyikat gigi terdapat darah yang menempel di sikat gigi yang Anda gunakan tersebut.

Pasalnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa gusinya bermasalah sampai timbul keluhan adanya darah ketika menyikat gigi atau berkumur.

Hal ini bisa disebabkan karena radang pada gusi biasanya memang tidak disertai rasa sakit, namun terdapat tanda-tanda medis yang bisa dilihat, seperti gusi berwarna kemerahan dan bengkak.

Normalnya, gusi yang sehat berwarna merah muda, dan memiliki bagian yang tidak melekat pada gigi. Bagian yang tidak melekat pada gigi ini disebut dengan sulkus, yang kedalamannya 0-3 mm pada bagian tepinya.  Bila terjadi radang, bagian tepi tersebut akan berubah warna menjadi kemerahan, dan pada tahap selanjutnya akan disertai pembesaran (bengkak).

Radang gusi bisa berlanjut pada kerusakan tulang alveolar. Tulang alveolar merupakan tulang tempat gigi tertanam, dan apabila terjadi kerusakan yang cukup parah akan menyebabkan gigi goyang.

Masalah gusi berdarah, apa penyebabnya?

Kotornya gigi karena kebersihan yang tidak terjaga dengan baik akan menyebabkan terbentuknya karang gigi dan plak yang tertinggal, lalu kemudian timbulah radang gusi. Selain itu, faktor hormonal, seperti pada wanita hamil yang sedang mengalami perubahan hormonal, juga berperan dalam terjadinya radang gusi ini.

Masalah gusi berdarah, baimana cara mengatasinya?

Pada kelainan gusi yang mengalami pembengkakan dan berwarna merah pekat maka dapat dilakukan pembersihan karang gigi oleh dokter gigi. Selain pembersihan karang gigi, akan dilakukan pula kuretase bila memang kerusakan yang terjadi belum terlalu dalam guna membersihkan bagian dari gigi dan gusi yang masih bisa dijangkau dengan alat tanpa adanya tindakan pembedahan. 

Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda tentu saja harus menjaga kebersihan gigi Anda. Anda dapat menjaga kebersihan gigi Anda dengan menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar, dengan memperhatikan:

  • Pemilihan sikat gigi
  • Durasi menyikat gigi
  • Jenis pasta gigi yang digunakan

Selain hal-hal di atas, Anda juga bisa terbantu dengan penggunaan obat kumur yang tepat, serta menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

Lakukan juga pembersihan berkala pada dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi yang mungkin terbentuk pada gigi Anda. Untuk memaksimalkan dan memastikan kebersihan gigi Anda, lakukanlah kontrol paling tidak 2 kali dalam setahun ke dokter gigi.

0 Komentar

Belum ada komentar