Sukses

4 Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak

Meningkatkan konsentrasi otak merupakan hal yang perlu Anda lakukan guna mempertahankan fokus Anda. Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi otak? Berikut info medis dari dr. Dewi Ema Anindia

Gangguan konsentrasi otak merupakan hal yang cukup sering dikeluhkan banyak orang. Keluhan yang biasanya terjadi akibat adanya gangguan konsentrasi otak misalnya kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan hingga kesulitan dalam mempertahankan fokus.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi, Anda harus melakukan hal-hal tertentu guna menjaga dan meningkatkan konsentrasi otak Anda. Namun, cara apa sajakah yang dapat Anda lakukan untuk bisa membantu mempertahankan dan meningkatkan konsentrasi otak Anda?

  1. Mengonsumsi sarapan di pagi hari

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan di pagi hari (sarapan) bisa memperbaiki ingatan jangka pendek. Selain itu, sarapan juga dapat meningkatkan perhatian dan fokus selama bekerja ataupun saat belajar. Dibuktikan bahwa mahasiswa yang mengonsumsi sarapan pagi memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi sarapan pagi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang tinggi akan serat, seperti gandum, serta produk susu, dan sayuran di pagi hari. Namun, Anda harus menghindari untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori di pagi hari karena dapat menggangu konsentrasi.

  1. Mengonsumsi ikan

Makanan berprotein tinggi yang dikaitkan dengan peningkatan konsentrasi adalah ikan. Selain berprotein tinggi, ikan juga tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan otak. Asupan yang tinggi akan ikan dikaitkan dengan berkurangnya kejadian demensia dan stroke. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi ikan paling tidak 2 kali dalam seminggu.

  1. Mengonsumsi kacang dan cokelat

Kacang-kacangan merupakan suatu jenis makanan yang tinggi akan kandungan antioksidan dan vitamin E. Kandungan tersebut diyakini dapat menjaga fungsi kognitif Anda.

Cokelat hitam (dark chocolate) juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan memiliki kandungan kafein alami yang disebutkan dapat meningkatkan fokus.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula

Glukosa merupakan sumber nutrisi bagi otak. Glukosa bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan berkarbohidrat, dan juga dari gula. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan manis atau mengonsumsi minuman manis disebutkan dapat meningkatkan memori serta meningkatkan kemampuan mental Anda. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi gula yang terlalu banyak, karena selain bisa menambah kalori, gula juga dapat mengurangi kemampuan meningat Anda jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

0 Komentar

Belum ada komentar