Sukses

6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi

Kebiasaan yang dapat merusak gigi haruslah dihindari. Sebenarnya, apa saja kebiasan yang dapat merusak gigi? Berikut info medis dari drg. Arni Maharani.

Disadari atau tidak, beberapa kebiasaan yang kita lakukan setiap hari dapat merusak kesehatan gigi, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak.

Sebenarnya, apa saja kebiasaan yang dapat merusak gigi tersebut? Lalu, mengapa kebiasaan tersebut dapat merusak gigi?

Berikut kebiasaan yang dapat merusak gigi dan alasan mengapa kebiasaan tersebut dapat merusak gigi:

  1. Melewatkan untuk menyikat gigi

Menyikat gigi yang baik dan juga benar dilakukan pada pagi hari setelah sarapan, dan pada malam hari sebelum tidur. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah melewatkan sikat gigi pada malam hari sebelum tidur atau setelah Anda menyikat gigi, Anda makan camilan lagi. Hal ini berakibat pada keadaan rongga mulut yang tidak bersih ketika Anda tidur. Kondisi ini sangat berisiko terhadap terjadinya gigi berlubang.

  1. Menggigit benda-benda keras

Kebiasaan yang dapat merusak gigi nomor 2 adalah menggigit benda-benda keras, entah karena Anda bosan, grogi atau hanya iseng saja. Terkadang, kita suka menggigit benda-benda yang ada di sekitar kita, seperti pulpen, pensil, kuku, hingga mengunyah es batu. Kebiasaan mengigit benda-benda keras ini bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan gigi Anda.

  1. Merokok

Risiko merokok yang berbahaya bagi kesehatan tubuh sudah sangat dipahami oleh masyarakat. Disamping itu, merokok ternyata juga bisa menyebabkan timbulnya stain pada permukaan gigi, dan membahayakan kesehatan gusi Anda. Yang lebih parahnya lagi, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker rongga mulut.

  1. Membuka kemasan makanan/minuman dengan gigi

Gigi bukanlah alat untuk membuka kemasan makanan ataupun membuka tutup botol. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, lama-kelamaan bisa menyebabkan gigi menjadi retak.

  1. Minum susu atau minuman manis dalam botol dot sebelum tidur pada anak

Banyak sekali anak-anak yang mempunyai kebiasaan minum susu, teh manis atau jus dalam botol dot hingga mereka tertidur masih dalam kondisi mengedot. Kondisi ini akan menyebabkan gigi anak tersebut mengalami lubang dan dapat terjadi pada lebih dari satu gigi.

  1. Menggertakkan gigi

Dalam istilah kedokteran, menggertakan gigi disebut dengan bruxism. Kebiasaan yang dapat merusak gigi ini mungkin Anda lakukan tanpa Anda sadari. Terjadinya bruxism terkait dengan stres dan kebiasaan pada saat tidur. Apabila kondisi ini terjadi, biasanya dokter gigi akan memberikan pelindung gigi malam hari atau night mouth guard pada pasiennya agar kerusakan gigi akibat bruxism bisa dicegah.

0 Komentar

Belum ada komentar