Sukses

Jauhkan Ponsel Saat Sedang Mengasuh Anak

Ponsel selalu menempel ke mana pun kita pergi, termasuk kadang saat sedang mengasuh anak. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa kebiasaan ini dapat berpengaruh buruk pada anak. Mengapa bisa demikian?

Ketergantungan pada ponsel tidak hanya terjadi pada anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Mungkin salah satunya adalah Anda.

Menggunakan ponsel selalu kita lakukan pada waktu-waktu tertentu, seperti ketika menunggu seseorang, di toilet, bahkan saat sedang mengasuh anak. Ini merupakan suatu kebiasaan yang mengkhawatirkan, apalagi jika kita menilik sebuah studi yang dilakukan di University of California mengenai hal ini.

Para peneliti menyebutkan bahwa fokus ibu yang terpecah – karena menggunakan ponsel – saat sedang mengasuh anak mereka dapat membuat anak memiliki gangguan fungsi psikis pada masa mendatang. Menggunakan ponsel termasuk menelepon ataupun mengirim pesan; dua-duanya tetap dapat mempengaruhi anak terkait pertumbuhan otak mereka.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa proses pengasuhan yang tidak fokus dapat meningkatkan gangguan pada anak, seperti masalah perilaku (mudah stres, terjerumus dalam dunia narkoba, dan kecanduan alkohol). Mengapa bisa demikian?

Mereka mengemukakan bahwa reseptor kesenangan (dopamine) pada anak belum berkembang sempurna, sehingga mereka membutuhkan rangsangan dan respons yang teratur – yang berasal dari hubungan antara orangtua dan anak. Apabila Anda memecah perhatian saat sedang merawat anak, tentu anak tidak akan mendapatkan stimulasi yang optimal. Keterikatan antara orangtua dan anak pun akan berkurang.

Karena itu, jangan sekalipun mengorbankan waktu Anda bersama anak dengan memeriksa akun sosial media Anda. Berikan atensi Anda seratus persen padanya agar ia merasa disayang dan diperhatikan. Ingat, mengasuh anak bukan hanya tentang memberikan waktu dan tenaga, tetapi juga emosi. Selamat bermain dengan Si Kecil! 

0 Komentar

Belum ada komentar