Sukses

Mencegah Stretch Marks Saat Hamil

Stretch marks yang muncul saat hamil memang bisa mengganggu. Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah stretch marks saat hamil? Baca selengkapnya di sini.

Salah satu masalah kulit yang dialami oleh perempuan hamil adalah timbulnya stretch marks. Meski terbilang hal yang umum, tetap saja kehadirannya kadang mengganggu dan membuat Anda tidak percaya diri.

Apa Itu Stretch Marks?

Stretch marks adalah garis-garis tipis yang muncul pada permukaan kulit. Umumnya stretch marks berwarna kemerahan atau keunguan pada awalnya, sebelum perlahan-lahan berubah menjadi keputihan atau perak – warnanya sedikit lebih terang dibandingkan warna kulit sekitarnya.

Stretch marks terjadi akibat terjadi peningkatan lemak tubuh dalam tempo yang cukup cepat, sementara kulit tidak mampu meluas dalam waktu yang sama, sehingga kulit terpaksa meregang agar tetap melapisi permukaan tubuh tersebut.

Kehamilan bukanlah satu-satunya penyebab munculnya stretch marks. Peningkatan berat badan secara drastis juga dapat menyebabkan timbulnya garis peregangan kulit tersebut.  

Area tempat stretch marks umumnya terbentuk adalah:

  • Perut
  • Bokong
  • Paha
  • Lengan atas
  • Payudara
  • Bahu

Bisakah Stretch Marks Dihilangkan?

Stretch marks biasanya akan semakin memudar hingga hilang, namun hal ini biasanya memakan waktu hingga beberapa tahun.

Apabila Anda memiliki stretch marks yang berukuran cukup luas dan melingkupi banyak area, beberapa pilihan penanganan yang dapat dilakukan adalah penggunaan krim, gel, losion, hingga laser dan pembedahan kosmetik. Hasil dari berbagai penanganan ini belum tentu 100% mampu menghilangkan sretch marks, karena tergantung pada beratnya kerusakan kulit yang terjadi pada stretch marks.

Mencegah Stretch Marks Saat Hamil

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah stretch marks saat hamil, yakni:

Berat badan sehat

Untuk mencegah stretch marks saat hamil, mempertahankan berat badan bukanlah jalan pencegahan karena peningkatan berat badan (dalam batas normal) justru diharapkan untuk kesehatan ibu dan sang janin. Namun, Anda dapat menjaga agar peningkatan berat badan terjadi secara perlahan-lahan.

Pola makan sehat

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk kulit, untuk menambah kekuatan serta elastisitas kulit. Contohnya adalah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan seng.

Menjaga kelembapan kulit

Menjaga kelembapan kulit adalah hal penting yang dapat membantu mengurangi terbentuknya stretch marks. Gunakan pelembap atau minyak khusus kulit secara rutin untuk meminimalisasi kerusakan kulit saat kulit meregang – keduanya disebut dapat menurunkan timbulnya stretch marks pada kehamilan.

Mengonsumsi cukup air

Dengan minum cukup air, kulit akan menjadi terhidrasi dan tampak lebih sehat. Selain itu, elastisitas kulit yang baik akan mengurangi kemungkinan terbentuknya stretch marks.

0 Komentar

Belum ada komentar