Sukses

5 Alasan Mengapa Gigi Geraham Bungsu Perlu Dicabut

Mengapa gigi geraham bungsu perlu dicabut? Temukan jawabannya oleh drg. Arni Maharani di sini.

Semua gigi susu akan berganti dengan gigi tetap pada masa kanak-kanak, dan setelahnya akan muncul gigi tetap geraham bungsu atau molar tiga yang keberadaannya terletak paling belakang serta tidak menggantikan gigi susu manapun.

Kemunculan gigi geraham bungsu ini sering menimbulkan keluhan pada banyak orang yang disebabkan oleh pertumbuhannya yang bermasalah, salah satunya disebabkan oleh sempitnya ruangan tempat gigi tersebut tumbuh.

Biasanya, dokter gigi akan menyarankan untuk dilakukan pencabutan pada gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan atau impaksi. Walaupun tidak terdapat keluhan yang dirasakan, tindakan ini tetap perlu untuk dilakukan, apalagi jika pasien mulai mengalami gangguan. Tujuan dari dilakukannya tindakan ini adalah untuk menghindari risiko kesehatan yang mungkin saja terjadi.

Perlunya gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan untuk dicabut meliputi beberapa alasan, yakni:

  1. Kebersihannya sulit dijaga sehingga akan mudah sekali terjadi karies atau lubang gigi dan infeksi. Hal ini disebabkan karena gigi tersebut terletak jauh dibelakang dan ruang tempat gigi tersebut sempit sehingga terkadang tidak terjangkau oleh sikat gigi, terlebih jika menggunakan sikat gigi dengan ujung kepala yang besar.

  2. Membahayakan kesehatan gigi geraham sebelahnya, yaitu gigi molar dua, karena biasanya posisi gigi geraham bungsu ini mendorong gigi molar dua. Terkadang, posisi yang tidak benar dari gigi geraham bungsu yang menghimpit gigi molar dua akan menyebabkan terjebaknya sisa makan yang sulit dibersihkan sehingga menimbulkan risiko gigi molar dua yang berlubang.

  3. Gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan rentan untuk mengalami penyakit gusi karena bakteri. Bakteri ini dapat membahayakan kesehatan rongga mulut dan kesehatan tubuh.

  4. Gangguan pertumbuhan pada gigi geraham bungsu dapat disertai kista atau tumor yang dapat merusak tulang rahang dan saraf.

  5. Dapat mengganggu dalam proses perawatan orthodontik atau kawat gigi

Bila Anda mengalami gangguan pertumbuhan gigi geraham bungsu, baik dengan keluhan atau tidak, maka tidak ada salahnya untuk dikonsultasikan langsung dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut untuk menghindari risiko yang mungkin saja.

0 Komentar

Belum ada komentar