Sukses

Makanan Berlemak yang Sehat

Makanan berlemak tidaklah selalu menimbulkan efek negatif untuk tubuh. Kenali jenis makanan berlemak apa saja yang sehat untuk tubuh. Berikut ulasannya.

Makanan berlemak yang sehat, memang ada? Tentu saja ada. Tidak selamanya makanan berlemak adalah musuh kita. Terdapat makanan berlemak yang sehat dan dapat bermanfaat untuk tubuh, misalnya:

Ikan

Ikan secara alami mengandung asam lemak sumber omega-3 yang baik bagi tubuh. Ikan, seperti salmon, mackerel, herring, trout, sarden, dan tuna albacore merupakan sumber dari asam lemak omega-3.

Ikan adalah lemak baik yang membantu menjaga jantung Anda sehat. Selain itu, kandungan pada ikan juga dapat membantu menjaga ketajaman otak Anda, terutama saat usia bertambah. The American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu. Oleh karena itu, konsumsilah ikan dengan cara dipanggang atau direbus.

Alpukat

Alpukat baik untuk jantung Anda. Selain itu, kandungan lemak sehat pada alpukat juga dapat membantu mengatasi gejala osteoarthritis yang berupa sendi-sendi terasa sakit dan kaku.

Tubuh Anda akan menyerap nutrisi dengan lebih baik ketika Anda mengonsumsi alpukat dengan makanan lain. Setengah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 115-160 kalori.

Kacang

Kacang, seperti almond, hazelnut, dan macadamia adalah jenis kacang yang sehat untuk jantung Anda. Namun demikian, kacang juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jangan konsumsi terlalu banyak kacang.

Minyak zaitun

Apakah Anda senang memasak sendiri di rumah? Jika iya, cobalah untuk memasak menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kadar lemak baik yang tinggi. Meskipun begitu, Anda harus tetap memperhatikan batas pengonsumsian minyak tersebut.

Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat mudah untuk didapat. Telur berukuran besar memiliki kurang dari 5 gram lemak sehat. Selain itu, beberapa jenis telur juga diperkaya dengan tambahan omega-3 di dalamnya.  Namun demikian, ada baiknya Anda hanya mengonsumsi satu butir telur perhari guna menjaga kesehatan Anda tetap baik.

Makanan yang mengandung omega-3

Banyak jenis-jenis makanan yang telah menambahkan omega-3 di dalamnya guna membuat makanan tersebut lebih sehat. Anda bahkan dapat menemukan telur yang mengandung omega-3 di dalamnya. Periksalah label produk tersebut guna memastikan kandungannya. Dan Anda mungkin mendapatkan manfaat kesehatan lain setelah mengonsumsi produk yang diperkaya omega-3.

Namun, tetaplah ingat untuk selalu memperhatikan seberapa sering Anda mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Pasalnya, segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar