Sukses

Kulit Kering Bisa Menjadi Lembap dengan Cara Ini

Kulit kering memang senantiasa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

KlikDokter.com - Jangan biarkan kulit yang kering, kencang dan tertarik, kemerahan, serta mengelupas mengganggu penampilan dan keseharian Anda. Selain membuat tidak nyaman, warna kulit yang tidak rata dan mengelupas juga menyulitkan Anda untuk mengaplikasikan kosmetik. Oleh karena itu, penanganan kulit kering memerlukan perhatian khusus.

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering dapat disebabkan oleh keturunan, penyakit seperti alergi dan tiroid, serta proses penuaan – di mana kandungan minyak alami dalam kulit ikut menipis seiring bertambahnya usia.

Selain faktor-faktor tersebut, kulit kering juga dapat dipicu oleh kesalahan perawatan kulit wajah, seperti mencuci wajah dengan sabun yang keras dan menggunakan scrub atau alat pencuci wajah yang terlalu keras dan terlalu sering.

Penanganan Kulit Kering

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan merawat kulit agar tidak kering. Cara ini dapat dilakukan dari luar maupun dari dalam.

  • Air Panas

Hindari mencuci wajah dengan air panas, karena dapat meluruhkan minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Sebaiknya gunakan air dingin atau air hangat untuk mencuci wajah.

  • Pencuci Wajah

Gunakan produk pencuci wajah dengan pH yang sesuai dengan kulit wajah (5,5), tidak mengandung pewangi, sabun, dan alkohol. Anda yang memiliki kulit kering sebaiknya memilih pencuci wajah yang mengandung bahan pelembap seperti seramid dan gliserin.

Setelah wajah bersih, keringkan dengan cara menepuk-nepuk pelan dengan handuk. Hindari menggosok wajah Anda, karena akan menyebabkan kulit wajah mudah teriritasi.

  • Pelembap Wajah

Segera setelah mengeringkan wajah – ketika kulit masih lembap – oleskan krim pelembap untuk mengunci kelembapan ke dalam kulit Anda. Mengoleskan pelembap ketika wajah sudah kering akan mengurangi manfaatnya.

Anda dapat memilih pelembap yang mengandung seramid, gliserin, urea, asam stearat, shea butter, asam hialuronat, asam laktat, dan dimethicone. Hindari produk yang mengandung pewangi, alkohol, retinoid, dan alpha hydroxy acids (AHA) jika kulit Anda sensitif.

  • Tabir Surya

Pastikan agar Anda selalu mengoleskan tabir surya (minimal SPF 30) untuk mencegah kerusakan wajah akibat matahari. Sinar ultraviolet dapat memperparah kulit kering dan kusam, bahkan dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan flek.

  • Nutrisi

Minumlah air putih yang cukup untuk menghidrasi kulit Anda – setidaknya 2 liter sehari. Konsumsi asam lemak omega-3 juga dapat menjaga kandungan minyak alami pada kulit agar selalu terjaga kelembapannya. Anda bisa mendapatkan omega-3 dari ikan salmon, sarden, kacang walnut, biji rami, dan minyak biji bunga matahari.

0 Komentar

Belum ada komentar