Sukses

Bagaimana Memilih Produk Pembersih Wajah yang Tepat?

Memilih sabun pencuci wajah yang baik sangatlah penting. Dengan produk pembersih yang tepat, Anda pun dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah dengan lebih optimal.

KlikDokter.com - Mencuci wajah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan dan tampak sederhana. Tuangkan produk pembersih wajah pada telapak tangan, berikan sedikit air dan gosok-gosok hingga berbusa, usapkan pada wajah, lalu bilas dengan air.

Meski demikian, jangan sampai Anda salah memilih produk pembersih wajah. Alih-alih memiliki wajah yang sehat dan cantik, kulit wajah Anda malah menjadi kering, merah, dan mengalami iritasi.

Lalu, bagaimana cara memilih produk pembersih wajah yang tepat?

Formula Bebas Sabun

Hindari menggunakan sabun untuk membersihkan wajah, karena sabun memiliki pH alkali (basa) yang dapat meluruhkan minyak alami pada wajah. Minyak ini diproduksi oleh kelenjar di kulit untuk melembapkan dan melindungi kulit dari lingkungan luar.

Jika minyak alami ini menjadi menipis, maka kulit akan rentan terhadap kekeringan, iritasi, polusi, dan sinar ultraviolet matahari. Oleh karena itu, pilihlah produk pembersih wajah yang bebas sabun dan memiliki pH yang sesuai dengan kulit, yaitu 5,5.

Penting juga bagi Anda untuk memilih produk pembersih yang bebas alkohol dan pewangi.

Sesuai Jenis Kulit

Jenis kulit Anda akan menjadi pedoman utama untuk menentukan produk pembersih wajah yang Anda gunakan.

Karena itu, sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dulu jenis kulit Anda; apakah normal, berminyak, kering, sensitif, atau kombinasi.

Kulit Normal

Jika Anda memiliki jenis kulit ini, tidak terlalu banyak yang harus diperhatikan dalam pemilihan produk pencuci wajah. Anda tidak perlu memilih merek yang mahal. Meskipun demikian, jangan juga asal mengambil merek apa pun dari rak swalayan. Tetap perhatikan pedoman sebelumnya di atas.

Jika kulit Anda terasa kering, ketat, atau bahkan berminyak setelah mencuci wajah, hentikan pemakaian produk tersebut. Kemungkinan produk tersebut tidak cocok untuk kulit Anda.

Kulit Sensitif

Gunakan pembersih yang mengandung bahan yang dapat menenangkan wajah, seperti teh hijau, lidah buaya, kamomil, dan gandum. Gunakan pembersih dengan formula yang ringan dan lembut, serta bebas pewangi dan alkohol.

Cuci wajah Anda dengan air dingin atau air hangat, dan hindari air panas yang dapat membuat wajah Anda lebih sensitif. Terakhir, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk lembut. Sebaliknya, hindarilah menggosok wajah.

Kulit Berminyak

Pilihlah produk pembersih wajah yang bebas minyak dan berlabel “non-comedogenic” yang tidak menyumbat pori dan berisiko menyebabkan timbulnya komedo. Komedo yang terinfeksi oleh bakteri dapat berkembang menjadi jerawat.

Anda juga dapat menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang dapat membantu mengangkat kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, sehingga membantu pori-pori menjadi lebih bersih.

Kulit Kering

Gunakanlah pembersih wajah yang mengandung bahan yang dapat menjaga kelembapan kulit wajah Anda, seperti gliserin dan seramid. Hindari bahan yang dapat membuat kulit menjadi lebih kering seperti sodium lauryl sufate.

0 Komentar

Belum ada komentar