Sukses

Seberapa Sering Kita Harus Mencuci Wajah?

Mencuci wajah sepertinya terdengar simpel. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum melakukannya dengan tepat.

KlikDokter.com - Semua orang menginginkan wajah yang bersih dan sehat. Bebas dari debu, polusi, kulit mati, dan jerawat. Karena itu, orang cenderung ingin mencuci wajah sesering mungkin – terutama bagi mereka yang berjerawat. Ingin rasanya mencuci bersih jerawat-jerawat yang mengganggu penampilan. Selain itu, orang pun cenderung menggunakan produk pencuci wajah terlalu banyak.

Segala sesuatu yang berlebihan umumnya tidak baik. Begitu pula dengan mencuci wajah. Pakar kesehatan menganjurkan mencuci wajah sebanyak dua kali sehari – pagi dan malam – adalah cukup. Jika Anda mencuci wajah lebih sering dari itu, dikhawatirkan malah dapat menyebabkan masalah bagi kulit wajah Anda.

Panduan Mencuci Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Bagi mereka yang memiliki kulit normal atau berminyak, mencuci wajah dengan produk dua kali sehari sah-sah saja. Namun bagi mereka dengan kulit kering dan sensitif, para ahli malah menganjurkan agar mencuci wajah pada pagi hari hanya dengan air bersih, tanpa produk pencuci. Mengapa demikian?

Kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak – atau disebut juga sebum – untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit wajah dari lingkungan luar. Jika Anda terlalu sering mencuci wajah dan menggunakan terlalu banyak produk, minyak alami tersebut akan berkurang, sehingga wajah akan semakin kering, sensitif, bahkan mengalami iritasi. Kulit yang mengalami iritasi akan memberikan gejala merah, panas, perih, dan memperburuk jerawat jika ada.

Selain itu, mencuci wajah terlalu sering dapat menciptakan “ladang minyak” yang lebih subur di wajah Anda. Tubuh telah memiliki mekanisme tersendiri dalam mengukur kadar minyak yang tepat bagi wajah Anda. Jadi, jika Anda sering mencuci wajah dengan tujuan menghilangkan minyak tersebut, kelenjar minyak kulit justru akan semakin giat memproduksi minyak untuk menggantikan sebum yang Anda cuci tersebut.

Sebaliknya, mencuci wajah pada malam hari sebelum tidur sangatlah penting, karena berfungsi untuk menghilangkan kotoran, debu, keringat, dan kosmetik setelah seharian beraktivitas.

Banyak Tak Berarti Hasilnya Baik

Menggunakan produk pencuci wajah dengan volume terlalu banyak bukan berarti Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Alih-alih demikian, yang Anda dapatkan bisa jadi kulit yang mengalami iritasi – terutama jika kulit Anda kering dan sensitif.

Gunakanlah produk pencuci wajah secukupnya. Selain melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi, Anda juga dapat berhemat, bukan?

0 Komentar

Belum ada komentar