Sukses

Chiropractic Vs Akupunktur: Mana yang Lebih Baik?

Chiropractic dan Akupunktur diketahui menjadi alternatif penanganan nyeri. Namun, mana yang lebih baik? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com – Chiropractic dan Akupunktur merupakan terapi yang bertujuan untuk menghilangkan rasa nyeri. Chiropractic menjadi populer belakangan ini sebagai manajemen nyeri yang banyak dilakukan oleh praktisi kesehatan atau bahkan oleh profesi lain yang disebut dengan chiropractor.

Di sisi lain, akupuntur sudah jauh lebih lama populer dalam hal penanganan nyeri. Selain itu, akupunktur juga sudah masuk ke ranah kedokteran ilmiah dan memiliki sekolah spesialisnya sendiri.

Berikut pembahasan mengenai perawatan chiropractic dan akupuntur:

  • Keuntungan Terapi Chiropractic

Pengobatan chiropractic diklaim beberapa praktisi medis memiliki manfaat bagi pasien yang mengeluhkan adanya nyeri di bagian leher, punggung dan pinggang, baik nyeri syaraf ataupun nyeri musculoskeletal (sistem otot-tulang). Keuntungan terbesar dari perawatan chiropractic adalah bahwa perawatan ini bersifat noninvasif dan bebas obat-obatan, dan bagi beberapa pasien, terapi ini sangat efektif untuk mengobati keluhan nyeri dari penyakit yang mereka derita.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal fisioterapi, pada publikasi Maret 2004, menemukan bahwa perawatan chiropractic lebih efektif daripada pengobatan lainnya dalam hal mengobati rasa sakit di punggung bawah. Publikasi lain juga menunjukkan bahwa terapi chiropractic memberikan efek yang lebih terasa pada nyeri, khususnya pada keluhan nyeri tulang belakang.

  • Kekurangan Chiropractic

Meskipun perawatan chiropractic dianggap aman, bukan berarti terapi ini tidak mempunyai kelemahan. Beberapa pasien mengeluhkan bahwa nyeri mereka tidak berkurang dalam 24 jam. Adapun kekurangan lain dari terapi chiropractic ini, yakni beberapa praktisi medis, baik dokter maupun fisioterapis, belum benar-benar sepakat mengenai efek yang ditimbulkan terkait terapi ini.

  • Keuntungan Akupunktur

Keuntungan dari akupuntur adalah pengobatan ini relatif aman, bisa dilakukan oleh dokter spesialis akupuntur ataupun praktisi medis yang telah mempunyai kemampuan yang di sertifikasi oleh dokter ahli akupunktur.

Akupunktur sering digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi, mulai dari carpal tunnel syndrome, yang terkait dengan fibromyalgia, ataupun penyakit tennis elbow.

  • Kekurangan Akupunktur

Kebanyakan orang khawatir pengobatan akupunktur akan terasa menyakitkan. Kekurangan dari akupuntur adalah rasa tidak nyaman saat jarum akupuntur menusuk kulit. Selain itu, dalam melakukan pengobatan akupunktur, Anda harus berada pada tangan yang tepat. Terapis akupuntur wajib memastikan peralatan yang digunakan benar-benar steril, karena apabila hal ini tidak dilakukan, maka risiko infeksi menjadi meningkat.

Chiropractic vs Akupunktur: Terapi Apa yang Terbaik untuk Anda?

Memilih terapi untuk keluhan Anda terasa begitu sangat privat dan bersifat subjektif. Pilihan ini terkait rasa kenyamanan dan keyakinan Anda untuk lebih mungkin dalam memperoleh kesembuhan. Namun dalam menentukan pilihan antara chiropractic atau terapi akupunktur, ada baiknya Anda menerima rekomendasi dari dokter yang merawat penyakit Anda agar Anda dapat mengetahui dengan pasti tujuan dari terapi yang akan Anda pilih.

0 Komentar

Belum ada komentar