Sukses

Peringati Hari Ibu, KlikDokter dan Kowani Lakukan Baksos

Pada tanggal 22 Desember, kunjungan dan bakti sosial yang kami lakukan adalah salah satu usaha untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa.

KlikDokter.com – Hari Ibu Nasional dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Setiap anak akan memberikan bunga, cokelat, dan kartu ucapan kepada ibunya. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa kemunculan Hari Ibu di Indonesia, bermula ketika diadakannya Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928. Kongres tersebut dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra. 

Hasil dari pertemuan tersebut ialah terbentuknya Kongres Perempuan atau dikenal dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Lalu, pada kongres Perempuan Indonesia III yang diselenggarakan pada tahun 1938, menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Presiden Soekarno mengukuhkannya melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959, bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga sekarang.

Untuk merayakan Hari Ibu yang ke-87, KlikDokter bersama Kowani berkunjung dan melakukan bakti sosial ke RW 7 Kelurahan Rawajati Kecamatan Pancoran. Acara yang berlangsung sejak pukul 9 pagi hingga 12 siang ini dipenuhi oleh warga yang ingin memeriksakan kesehatannya. Program acara tidak hanya terdiri dari tes kesehatan gratis, tetapi juga pembagian obat-obatan dan vitamin serta pemberian sembako.  

“Kita tahu bahwa kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu perjuangan perempuan di zaman dahulu. Tentunya, kesejahtreraan masyarakat mencakup kesehatan sekaligus pendidikan. Dan kita tidak bisa menutup mata bahwa masih banyak masyarakat yang tidak sehat,” ungkap Ketua Kowani, Poppy Hayono Isman, ketika ditemui saat acara bakti sosial sedang berlangsung (22/12/2015).

Acara ini – kunjungan dan bakti sosial – sejalan dengan keinginan Kowani untuk mensejahterakan perempuan di segala aspek kehidupan. Selain bakti sosial tersebut, Kowani juga melakukan sosialisasi dan penyuluhan untuk lebih membuka mata masyarakat terhadap pentingnya melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Karena Ibu sehat, Indonesia pun sehat!

0 Komentar

Belum ada komentar