HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi7 Makanan yang Bisa Bikin Awet Muda
Diet dan Nutrisi

7 Makanan yang Bisa Bikin Awet Muda

dr. Karin Wiradarma, 14 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan agar tetap awet muda, salah satunya adalah melalui makanan yang Anda konsumsi.

7 Makanan yang Bisa Bikin Awet Muda

KlikDokter.com - Anda ingin awet muda? Perhatikan makanan yang masuk ke perut Anda. Apakah Anda lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak, gorengan, dan cepat saji? Ataukah Anda banyak mengonsumsi sayur dan buah?

Makanan yang Anda makan dapat memberikan tubuh yang sehat dan awet muda, ataupun malah membawa berbagai penyakit. Semuanya tergantung dari jenis dan jumlah makanan yang Anda konsumsi.

Lantas, makanan seperti apa yang harus dikonsumsi agar Anda awet muda?

Alpukat

Buah ini kaya akan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan dan kelembapan kulit. Lemak sehat ini pun baik bagi kesehatan jantung Anda.

Beri

Berbagai macam buah beri seperti raspberry, blueberry, blackberry, dan cranberry kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan dalam buah-buahan tersebut juga dapat membantu produksi kolagen yang berperan penting dalam kekenyalan dan kekencangan kulit.

Yoghurt

Selain kaya akan kalsium dan protein, hasil fermentasi susu ini juga kaya akan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh.

Buah kaya air

Berbagai macam buah yang kaya akan air – seperti semangka, apel, melon, dan persik dapat melembapkan kulit Anda dengan baik. Kulit yang lembap akan terhindar dari kerutan lebih lama.

Artikel lainnya: Resep Awet Muda untuk Pria

Salmon

Ikan yang kaya dengan kandungan omega-3 ini baik untuk kesehatan otak dan mempertajam memori.

Sayur berwarna merah

Sayur berwarna merah seperti wortel dan tomat mengandung beta karoten dan likopen, serta antioksidan yang dapat memperbaiki sel yang rusak dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Kiwi

Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Itulah berbagai buah yang bisa membantu Anda tampil awet muda. Selamat mencoba!

makananAwet Muda

Konsultasi Dokter Terkait