Sukses

6 Langkah Membuat Jiwa Tetap Sehat

Apakah Anda merasa bahagia dengan kehidupan Anda?

KlikDokter.com - Kesehatan jiwa sangatlah penting, dan tidak bisa didapat hanya dari materi semata. Banyak orang terpandang dan berlimpah harta yang ternyata tidak bahagia.

Kesehatan jiwa juga bisa berdampak terhadap kesehatan tubuh secara fisik. Keadaan stres, sedih, gelisah, atau depresi secara tidak langsung dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Merasa bahagia adalah salah satu bagian dari kesehatan jiwa yang baik. Namun jiwa yang sehat tidak hanya ditandai hanya dengan merasa bahagia. Merasa cukup, dapat menikmati hidup dan segala aspeknya, memiliki kepercayaan diri, dan memiliki hubungan yang baik dengan teman dan keluarga adalah beberapa ciri-ciri dari jiwa yang sehat.

Tentunya setiap orang tidak akan selalu mengalami kebahagiaan dan terbebas dari masalah selama masih hidup di dunia ini. Namun yang terpenting adalah bagaimana cara kita melihat masalah tersebut dengan tenang dan mencoba untuk mengatasinya dengan kepala dingin.

Banyak faktor yang mempengaruhi kebahagiaan dan kesehatan jiwa seseorang. Penelitian membuktikan bahwa perbuatan yang kita lakukan dan hal yang kita pikirkan adalah dua hal utama yang mempengaruhi hal tersebut.

Lantas, bagaimana cara untuk memelihara kesehatan jiwa kita?

Hargai diri sendiri

Jika Anda ingin merasa bahagia dan dihargai oleh orang lain, hargailah diri Anda sendiri terlebih dulu. Menghargai diri sendiri akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Perkaya nilai diri dengan terus belajar. Entah itu memperkaya diri dengan ilmu yang sebelumnya sudah Anda tekuni – misalnya dengan mengambil gelar master. Atau, Anda juga bisa menekuni hobi yang bermanfaat seperti berkebun, mengambil kelas dansa, bahasa asing, memainkan alat musik, menyanyi, dan lainnya.

Rawat tubuh Anda

Tubuh yang sehat, indah, dan terawat akan membuat Anda merasa lebih baik dan mencintai diri sendiri. Makanlah makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Jauhi junk food, rokok, dan terlalu banyak alkohol.

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Berolahragalah secara rutin dan teratur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Selain itu, tidur yang cukup (7-8 jam sehari) juga penting untuk kesehatan tubuh dan jiwa.

Jalin hubungan baik

Menjalin hubungan yang erat dan harmonis dengan sesama anggota keluarga dan teman-teman dekat juga dapat membuat Anda lebih menikmati hidup dan merasa bahagia. Dukungan orang-orang terdekat baik dalam susah dan senang sangatlah berharga.

Hadapi masalah

Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Yang terpenting adalah, bagaimana sikap dan tindakan yang diambil dalam menghadapi masalah. Masalah dihadapi dengan berani dan tenang, bukannya lari dari kenyataan. Jika dirasa perlu, Anda juga dapat meminta nasehat dan dukungan dari orang-orang yang Anda percayai.

Meditasi

Meditasi, menenangkan diri, berdoa, dan introspeksi diri penting untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan jiwa dan pikiran Anda.

Realistis

Semua orang harus menetapkan tujuan atau target yang ingin diraihnya dalam hidup ini, baik jangka pendek maupun panjang. Setiap orang harus memiliki cita-cita yang tinggi, namun tetap realistis.

0 Komentar

Belum ada komentar