Sukses

Kenali Kebutuhan Harian Vitamin Anda

Vitamin sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Sudahkah Anda mencukupi kebutuhan harian vitamin Anda?

KlikDokter.com - Berbagai lembaga kesehatan – melalui penelitian oleh para ahli – telah menetapkan suatu panduan mengenai kebutuhan harian vitamin yang disarankan untuk diketahui masyarakat, dengan harapan mereka dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Kegagalan memenuhi kebutuhan vitamin harian dapat berujung kepada badan mudah lemas, kurang bertenaga, dan mudah terserang penyakit. Namun sebaliknya, konsumsi beberapa jenis vitamin tertentu yang melebihi batas juga dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh.

Beberapa vitamin yang larut dalam air – seperti vitamin B dan C – masih relatif aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang melebihi kebutuhan harian, karena dapat dikeluarkan melalui air seni. Namun vitamin yang larut lemak seperti A, D, E, dan K akan mengendap di dalam lemak tubuh dan menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang bervariasi dengan menerapkan pola diet sehat dan seimbang.

Namun terkadang, kita perlu juga mengonsumsi suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang masih belum tercapai melalui makanan. Misalnya jika tubuh sedang kurang fit, belum dapat memenuhi diet dengan gizi yang lengkap dan seimbang, sedang dalam masa pemulihan dari sakit, sedang sakit, aktivitas yang terlalu padat, dan lain-lain.

Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan kebutuhan harian vitamin terpenuhi dengan baik, ada perlunya kita mengetahui kebutuhan harian vitamin yang dianjurkan untuk dewasa.

Vitamin

Kebutuhan harian yang dianjurkan

(per hari)

Dosis maksimum

(per hari)

Vitamin A

3000 IU

10.000 IU

Vitamin B1 (tiamin)

1,2 mg

Belum ditentukan

Vitamin B2 (riboflavin)

1,3 mg

Belum ditentukan

Vitamin B3 (niasin)

16 mg

35 mg

Vitamin B6 (piridoksin)

1,3 mg

100 mg

Vitamin B9 (asam folat)

400 mcg

1000 mcg

Vitamin B12 (sianokobalamin)

2,4 mcg

Belum ditentukan

Vitamin B kompleks (biotin)

30 mcg

Belum ditentukan

Vitamin C

90 mg

2000 mg

Vitamin D

600 IU

4000 IU

Vitamin E

33 IU

1100 IU

Vitamin K

120 mcg

Belum ditentukan

0 Komentar

Belum ada komentar