Sukses

Kenali Jenis-Jenis Sakit Tenggorokan

Tidak semua sakit tenggorokan dapat diobati dengan antibiotik. Berikut penjelasan selengkapnya di sini bersama dr. Karin Wiradarma.

KlikDokter.com - Ketika mengalami sakit tenggorokan, apa yang Anda lakukan? Minum banyak air putih, minum perasan jeruk nipis yang dicampur kecap, ataukah langsung mengonsumsi antibiotik?

Banyak orang beranggapan bahwa sakit tenggorokan harus diobati dulu dengan antibiotik, barulah bisa sembuh. Pemahaman ini ternyata keliru dan menyesatkan banyak orang. Mengapa demikian?

Rasa sakit atau nyeri tenggorokan disebabkan oleh peradangan di tenggorokan, yang dalam dunia medis disebut faringitis. Faringitis ini dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Ternyata mayoritas radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Hanya sebagian kecil yang disebabkan oleh bakteri. Virus penyebab faringitis ini di antaranya adalah virus penyebab common cold, influenza, mononukleosis, campak, cacar air, dan croup. Sementara itu contoh bakteri penyebab adalah Streptococcus dan difteri.

Pada umumnya – walaupun tidak selalu – gejala radang tenggorokan yang ditimbulkan oleh bakteri lebih berat dibandingkan dengan virus. Selain itu, komplikasi ke jantung dan ginjal dapat timbul jika tidak ditatalaksana dengan adekuat.

Faringitis karena virus tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik, namun cukup dengan pengobatan suportif tergantung gejala yang dialami. Tanpa pengobatan pun, umumnya radang ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam lima hingga tujuh hari.

Berikut terapi pendukung (suportif) yang dapat diberikan untuk meredakan faringitis, antara lain:

  1. Banyak istirahat (tidur) dan istirahatkan juga suara Anda.

  2. Minum banyak air putih.

  3. Makan makanan bergizi yang tidak merangsang tenggorokan, seperti sup kaldu ayam, teh lemon madu, dan lain-lain.

  4. Berkumur dengan air garam.

  5. Mengonsumsi tablet hisap yang dapat meredakan radang tenggorokan.

  6. Hindari bahan iritan seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan bahan kimia.

  7. Obat antinyeri seperti parasetamol, ibuprofen, asam mefenamat, dan lain-lain.

Lain halnya jika radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri. Faringitis tipe ini barulah memerlukan terapi antibiotik agar dapat tuntas. Antibiotik ini pun harus diminum sampai habis. Selebihnya, dapat diberikan terapi yang sama dengan faringitis viral.

1 Komentar