Sukses

4 Cara Bebas Stres Dengan Meningkatkan Endorphine

Endorphine bertugas meningkatkan rasa senang dalam tubuh manusia. Karena itu, untuk mengurangi tingkat stres, ada kiat-kiat yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan endorphine tubuh. Simak selengkapnya oleh dr. Alvin Nursalim disini.

4 Cara Bebas Stres Dengan Meningkatkan EndorphineKlikDokter.com - Dalam kehidupan kita kini, kerap kali kita menghadapi tekanan dari berbagai tugas sehari-hari.

Senyawa tubuh endorphine bertugas dalam meningkatkan rasa senang dalam jiwa seorang manusia.

Karena itu, untuk mengurangi tingkat stres hidup, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kadar endorphine tubuh.

Apa saja beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan endorphine

Silakan klik next untuk mengetahui hal-hal tersebut.

1 dari 2 halaman

4 Cara Bebas Stres Dengan Meningkatkan Endorphine

1.         Olahraga

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk mengurangi tekanan dalam hidup Anda. Olahraga bukan saja baik bagi kesehatan, namun olah raga juga dapat meningkatkan kadar endorphine dan akhirnya akan menyebabkan peningkatan mood seseorang. Sebuah penelitian mempelajari kadar endorphine atlit saat istirahat dan setelah melakukan lari selama dua jam. Ternyata setelah berlari selama dua jam, atlit tersebut memiliki kadar endorphine yang lebih tinggi. Jika Anda jarang berlari, ternyata berbagai jenis olahraga sedang sampai berat seperti angkat beban, dan aerobik juga dapat memberikan efek yang sama.  

2.         Konsumsi cokelat

Walaupun belum didukung bukti yang luas, namun konsumsi cokelat dapat meningkatkan mood seseorang. Cokelat mengandung lebih dari tiga ratus senyawa kimiawi yang mempengaruhi kebahagiaan. Triptofan yang terkandung dalam cokelat dapat meningkatkan kadar serotonindan membuat tubuh Anda lebih santai. 

3.          Tertawalah

Konon tertawa baik bagi kesehatan, apakah benar demikian? Ketika seorang menonton film yang lucu, maka endorphine akan terpicu untuk keluar. Walaupun bukti medis terkait hal ini masih cukup minim, namun orang yang menonton acara yang lucu merasa mood-nya menjadi lebih baik. 

4.          Habiskan dengan orang terkasih

Hubungan dengan orang yang terkasih dapat meningkatkan kadar endorphine tubuh Anda. Ketika Anda menghabiskan waktu dengan orang yang Anda kasihi, maka akan menyebabkan peningkatan mood. Bahkan dengan sekedar berpegangan tangan, dan berpelukan dengan orang-orang terdekat Anda akan meningkatkan mood Anda.

Jika Anda sedang mengalami tekanan pekerjaan, cobalah melakukan beberapa hal sederhana yang dipaparkan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar