Sukses

Hal yang Pertama Dilakukan Saat Mulai Bintitan

Tahukah Anda, bila sedari awal kita mampu melakukan penanganan awal bintitan dengan baik, progresivitas pembesaran bintitan dapat dikurangi.

KlikDokter.com - Bintitan dapat muncul secara tiba-tiba, kemudian secara berangsur-angsur semakin memerah dan membengkak. Saat bintitan berukuran begitu besar, yang terganggu bukan hanya penglihatan, melaikan juga gaya dan penampilan.

Bintitan, yang dalam bahasa medis disebut hordeolum, adalah bentuk infeksi kelenjar penghasil minyak yang disebut kelenjar Zeis dan kelenjar Meibom. Kedua kelenjar ini terletak pada pinggiran kelopak mata. Oleh karena kelenjar tersebut bermuara ke tempat tumbuhnya rambut, maka bintitan seringkali berbentuk sebagai benjolan yang muncul tepat dipinggir kelopak mata. Saat hordeolum berukuran cukup besar, penglihatan bisa saja sedikit mengalami gangguan.

Hordeolum terjadi akibat serangan infeksi bakteri, umumnya akibat bakteri stafilokokus aureus. Gejala yang muncul pada hordeolum selain pembengkakan adalah kemerahan, nyeri, terasa mengganjal, serta terasa agak hangat. Saat penanganan hordeolum tidak dilakukan dengan tepat, maka bisa muncul kantung nanah dan nyeri yang bertambah.

Hordeolum dapat terjadi akibat kurangnya higienitas individu. Namun saat hordeolum terus berulang, dicurigai adanya faktor risiko berupa gangguan saluran kelenjar kelopak mata yang menyebabkan hordeolum terus berulang. Secara umum hordeolum mampu sembuh sendiri (Dalam 1-2 minggu). Saat bintitan terjadi begitu lama dan tidak kunjung hilang, dicurigai bahwa yang terjadi bukanlah hordeolum namun kalazion.

Dengan memahami hal yang pertama dilakukan saat mulai bintitan, maka selain menghambat progresivitas bintitan kita juga dapat mempercepat penyembuhan. Apa saja langkah yang dimaksud? Berikut adalah penjelasannya:

  1. Mengingat bahwa hordeolum adalah penyakit akibat infeksi kuman, maka menjaga higienitas adalah hal yang utama. Saat terjadi bintitan, hindari terus menyentuh benjolan tersebut. Bersihkan wajah secara teratur, terutama setelah beraktivitas yang menyebabkan Anda terpapar debu dan kotoran. Cuci tangan Anda secara rutin, karena seringkali Anda dapat menyentuh benjolan secara tidak sadar.
  2. Hindari menekan/ mengiritasi benjolan. Setelah terjadi infeksi, jaringan tubuh akan membentuk reaksi inflamasi (peradangan) sebagai bentuk pertahanan. Dengan menekan benjolan, atau tidak sengaja menyenggolnya (contohnya saat mengucek mata) maka Anda dapat menambah peradangan yang sedang terjadi dan hal ini dapat memperlambat penyembuhan.
  3. Untuk meredakan gejala peradangan Anda dapat melakukan kompres hangat pada area yang membengkak lebih kurang selama 10 menit, sebanyak 4x sehari. Selain memberikan rasa nyaman pada Anda, kompres dapat membantu mengurangi pembengkakan. Pastikan alat kompres yang digunakan bersih.
  4. Anda juga dapat menyegerakan diri berobat ke dokter untuk memperoleh pengobatan anti peradangan dan salep antibiotik secepatnya, dengan begitu proses penyembuhan dapat terbantu dan berlangsung lebih cepat.

Demikianlah hal pertama yang harus dilakukan saat mulai bintitan. Anda tidak perlu khawatir karena bintitan tidak berbahaya dan pada akhirnya akan sembuh sendiri. 

0 Komentar

Belum ada komentar