Kanker

Ekstrak Jamur Dapat Mencegah Pertumbuhan Kanker Payudara

Tim Redaksi KlikDokter, 12 Agt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ekstrak jamur sudah digunakan selama berabad-abad oleh pengobatan di Asia timur yang dipercaya dapat menghentikan sel-sel kanker payudara. Simak selengkapnya di sini.

Ekstrak Jamur Dapat Mencegah Pertumbuhan Kanker Payudara

Ekstrak jamur sudah digunakan selama berabad-abad oleh pengobatan di Asia timur yang dipercaya dapat menghentikan sel-sel kanker payudara dari pertumbuhan dan mungkin juga dapat digunakan sebagai ‘senjata’ baru untuk melawan penyakit lain yang mematikan, berdasarkan para ilmuwan.

Percobaan laboratorium menggunakan sel-sel kanker payudara manusia menunjukkan bahwa jamur yang bernama Phellinus linteus memiliki petanda efek anti-kanker, kemungkinan dengan cara menghambat enzim yang bernama AKT.  AKT dikenal sebagai pengendali pada pertumbuhan sel-sel kanker.

Phellinus linteus, yang dikenal sebagai song gen pada pengobatan Cina, sang-hwang di Korea dan meshimakobu di Jepang, sebelumnya telah menunjukkan bahwa memiliki anti-tumor untuk sel-sel kanker kulit, paru bahkan prostat.

Ekstrak Jamur Dapat Mencegah Pertumbuhan Kanker Payudara

Penelitian terbaru pada kanker payudara tersebut, menandakan bahwa para peneliti mencoba mencari tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Dr. Daniel Silva, seorang peneliti dari Institute Research Methodist di Indianapolis mengatakan bahwa ekstrak jamur menurunkan pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel kanker baru, menekan agresifitasnya dan menghambat pemberian makanan terhadap tumor dari pembuluh darah.

Beliau juga mengatakan bahwa pengetahuan ini belum dapat diterapkan ke dalam pengobatan modern, namun diharapkan penelitian tersebut dapat mendorong banyak peneliti lain untuk melakukan penelitian terhadap jamur tersebut sebagai penggunaannya sebagai pengobatan kanker.

Penemuan tersebut telah dilaporkan di dalam The British Journal of Cancer.

JamurKanker Payudara

Konsultasi Dokter Terkait