Sukses

Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi merupakan jenis sepatu yang paling digemari kaum hawa karena dapat memberi kesan lebih tinggi kepada tubuh pemakainya. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan sepatu hak tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasan dari dr. Alvin Nursalim.

Klikdokter.com - Anda pecinta sepatu hak tinggi? Banyak wanita gemar menggunakan sepatu hak tinggi atau lazim dikenal dengan istilah high-heels. Namun, penggunaan sepatu jenis ini dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan kaki. Mulai dari pertumbuhan kalus, nyeri kaki sampai gangguan pertumbuhan kuku kaki.

Apa saja bahaya dari menggunakan sepatu berhak tinggi?

Terdapat beberapa bahaya dari menggunakan sepatu hak tinggi, seperti:

1. Nyeri Tumit

Nyeri tumit dan mata kaki merupakan salah satu keluhan yang paling umum ditemui. Penggunaan dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada daerah telapak kaki. Hal ini akan menyebabkan nyeri setelah seharian menggunakan sepatu hak tinggi.

2. Cedera otot

Hak tinggi berpotensi menyebabkan cedera otot, khususnya jika sepatu yang Anda gunakan adalah sepatu degan ukuran yang kecil. Selain itu, cedera dapat terjadi akibat ketidakseimbangan tubuh ketika berjalan. Seseorang lebih rentan untuk jatuh dengan menggunakan sepatu hak tinggi dibandingkan sepatu tanpa hak.

3. Perubahan postur tubuh

Penggunaan hak tinggi menyebabkan perubahan posisi tubuh. Seseorang dapat berjalan dengan posisi yang tidak seimbang dan menyebabkan tulang belakang yang tidak sejajar, yang pada akhirnya menyebabkan gangguan postur tubuh.

Tips menggunakan sepatu berhak tinggi

Banyak wanita yang rela kesakitan walau untuk dapat menggunakan sepatu hak tinggi. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghindari berbagai gangguan kaki ketika menggunakan sepatu hak tinggi, yakni:

1. Pilihlah ukuran yang pas.

Pilihlah ukuran yang pas untuk ukuran kaki Anda. Jangan memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil, karena sepatu ini dapat membuat iritasi kulit dan menyebabkan luka pada kaki Anda.

2. Pilihlah hak sepatu yang lebih tebal.

Sepatu dengan hak yang lebih tebal dapat memberikan topangan yang lebih besar bagi tubuh Anda. Jadi, cobalah memilih sepatu dengan ukuran hak yang lebih tebal.

3. Tambahkan bantalan sepatu

Bantalan sepatu silikon dapat menurunkan tekanan pada telapak kaki Anda. Penggunaan bantalan sepatu ini dapat memberikan kenyamanan saat menggunakan sepatu hak tinggi.

0 Komentar

Belum ada komentar