Sukses

5 Gejala Kanker Serviks

Pernahkah Anda mengalami nyeri pada daerah panggul? Bisa jadi hal tersebut berindikasi pada gejala kanker serviks. Berikut penjelasan dari dr. Alvin Nursalim.

Klikdokter.com - Kanker serviks adalah salah satu kanker yang umum dijumpai pada wanita. Kanker serviks disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel serviks yang tidak terkontrol. Kanker ini memiliki beberapa gejala yang perlu Anda waspadai. Berbagai gejala kanker serviks yang umum ditemui adalah sebagai berikut:

1. Perdarahan post coital

Perdarahan post coital merupakan salah satu keluhan khas dari . Perdarahan post coital adalah perdarahan yang terjadi setelah berhubungan seksual. Hal ini disebabkan karena dinding serviks menjadi rapuh dan mudah berdarah terhadap gesekan. Ketika terjadi gesekan dengan penis, maka permukaan serviks dapat berdarah. Hal inilah yang menjadi penyebab perdarahan setelah berhubungan.

2. Nyeri daerah panggul

Nyeri daerah panggul merupakan salah satu keluhan dari . Nyeri daerah panggul dapat terjadi karena dapat menyebar dan mengiritasi saraf. Penyebaran sel ke daerah sekitar menyebabkan rasa sakit pada daerah panggul.

3. Perdarahan per vaginam yang tidak teratur

Perdarahan per vaginam pada pasien dapat terjadi kapan saja. akan menyebabkan pertumbuhan sel serviks yang tidak normal, rapuh dan mudah berdarah. Oleh karena itu, pendarahan ini dapat terjadi kapan saja dan sulit untuk dihentikan.

4. Keputihan

Pasien dengan juga akan mengeluhkan adanya keputihan yang terus menerus. Terkadang keputihan ini juga bisa disebabkan karena adanya infeksi yang disebabkan oleh organisme yang menginfeksi vagina.

5. Gangguan buang air kecil

Gangguan buang air kecil merupakan salah satu keluhan yang dapat dijumpai pada kanker serviks. Keluhan ini terjadi pada tahap lanjut, dimana sel kanker menginvasi saluran kencing. Sel kanker ini dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran kencing. Sumbatan pada saluran kencing ini akan menyebabkan gangguan aliran air kencing. Oleh karena itu, gangguan kencing yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan ginjal.

0 Komentar

Belum ada komentar