Sukses

6 Makanan & Minuman Perusak Gigi

Yuk, ketahui sejak dini berbagai makanan dan minuman yang dapat merusak kesehatan gigi. Simak info medisnya bersama drg. Arni Maharani di sini.

KlikDokter.com - Gaya hidup sehat tidak lepas dari pola makan yang sehat pula.

Keadaan ini mengarahkan orang untuk memilih makanan sebagai asupan yang baik untuk tubuh, tapi apakah mereka juga memperhatikan asupan tersebut baik untuk kesehatan gigi atau tidak.

1. Buah-buahan asam

Pada kenyataannya diet makanan sehat yang dijalankan oleh kebanyakan orang adalah dangan menambahkan buah-buahan atau jus.

Buah-buahan mempunyai PH yang rendah atau bersifat asam. Ironisnya, asam inilah yang berdampak pada kerusakan gigi yaitu pada lapisan terluar gigi (email) dan kemudian gigi menjadi ngilu dan sensitif.

Jeruk, apel, anggur, stroberi dan nanas adalah beberapa contoh buah-buahan yang mempunyai sifat  asam yang tinggi.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

6 Makanan & Minuman Perusak Gigi

2. Kopi

Minuman favorit di pagi hari ini memiliki kadar asam cukup tinggi. Jumlah kopi yang dikonsumsi dan cara mengkonsumsinya memberikan pengaruh yang cukup besar pengaruhnya terhadap risiko kerusakan gigi.

3. Minuman bersoda, bir dan wine

Selain lebih banyak keburukannya ketimbang manfaat kesehatannya, minuman bersoda, bir dan anggur (wine) diketahui merupakan minuman yang memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi. Kalau pun Anda menggemari minuman ini, cobalah untuk tidak menahannya di mulut sesaat sebelum menelan, terkhusus pada minuman bersoda. Karena dengan demikian Anda memperpanjang lamanya kontak antara gigi dan minuman soda, sehingga meningkatkan angka risiko kerusakan gigi lebih tinggi lagi.

4. Pempek

Sejatinya bukan pempeknya yang merusak gigi. Namun cuko (bumbu cuka dari pempek)-nya yang menjadi pencetus kerusakan gigi. Cuko pempek memiliki karakter asam (acid) yang tinggi, dan paparannya secara menahun mengundang risiko kerusakan gigi.

5. Acar, sayuran dan buah yang diasamkan

Asinan dan acar memang sedap dijadikan makanan pelengkap. Namun karena justru karena kadar keasamannya sangatlah tinggi dan mengancam kesehatan gigi dalam paparan yang lama.

6. Yogurt

Meskipun sehat dan banyak manfaatnya untuk gigi, yoghurt  memiliki karakter keasaman yang tinggi pula.

Selain jenis makanan dan minuman diatas, ada juga kebiasaan-kebiasaan yang menambah risiko kerusakan gigi. Antara lain:

  1. Makan & minum sebelum tidur
  2. Sikat gigi setelah makan & minum
  3. Menghisap-hisap buah
  4. Menahan minuman soda di mulut

Solusi dalam permasalahan ini bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Namun tentu saja ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti intensitas, jumlahnya dan cara konsumsi untuk dibatasi secara bijaksana.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar