Sukses

Apakah Nutrisi Si Kecil Sudah Tercukupi?

Nutrisi Anak, Makanan Anak, Makanan Supaya Anak Pintar, Makanan Anak Pintar, Cara Mengasuh Anak, Anak Perempuan, Anak Laki

KlikDokter.com – Pertumbuhan yang normal dari seorang anak perlu didukung oleh asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Anda dapat menandai pertumbuhan yang kurang baik dari dua hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Diet seimbang yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh anak secara keseluruhan, namun juga pada otak mereka. Makanan yang tepat dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi anak.

Makanan bergizi dan sarapan sangat vital untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak. Dalam penelitian Kleinman dkk. disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai, setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik, ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Komponen nutrisi dalam makanan anak

Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral merupakan elemen penting dalam nutrisi anak. Pertumbuhan dan perkembangan otak pada dua tahun pertama kehidupan merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan terpenting seumur hidup. Beberapa zat nutrisi yang diperlukan dalam perkembangan saraf dan otak di antaranya seng, besi, yodium, asam folat, selenium, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Apakah kebutuhan nutrisi anak kita sudah tercukupi saat ini? Di Inggris, sebanyak 50% anak mengonsumsi vitamin A lebih sedikit dari kecukupan gizi yang dianjurkan. Lantas, berapa banyakkah kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan? Menurut United Kingdom Estimated Average Requirement, kebutuhan nutrisi harian anak berusia 5 tahun sebagai berikut:

Zat gizi

Kecukupan harian

Energi (kkal/hari)

1205-1220

Protein (gram/hari)

14-15

Lemak

33% dari total energi

Karbohidrat

47% dari total energi

Serat (gram/hari)

18

Zink (mg/hari)

5

Selenium (mikrogram/hari)

20

Yodium (mikrogram/hari)

100

Zat besi (mg/hari)

4,7

 
Tabel berikut menjelaskan kebutuhan vitamin harian pada anak:
 

Vitamin

Jumlah yang dianjurkan

A (mikrogram)

800 mikrogram/hari (1-3 tahun)

D (mikrogram)

25 mikrogram/hari (0-2 tahun)

E (miligram)

10 miligram/100 kcal

B3 (niasin)

2 miligram/hari (1-3 tahun)

B6 (piridoksin)

5 miligram/hari (1-3 tahun)

Asam folat

200 mikrogram/hari (1-3 tahun)

C (miligram)

30 miligram/100 kcal

Dengan mengetahui kebutuhan nutrisi anak Anda, anak pun dapat lebih aktif dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Tentu hal tersebut sangat vital bagi tumbuh kembangnya pada masa mendatang. 

0 Komentar

Belum ada komentar