Sukses

3 Jenis Contact Lens

Kenali lebih jauh aneka macam kontak lensa sesuai dengan fungsinya. Simak selengkapnya dari dr. Nadia Octavia di sini.

KlikDokter.com - Contact lens adalah sebuah piringan kecil dari bahan seperti plastik tipis yang dipasang pada bola mata Anda.

Sesuai fungsinya, kontak lensa memiliki tipe yang berbeda-beda.

Berikut akan kami paparkan beberapa tipe kontak lensa.

  1. Soft contact lenses

Soft contact lenses merupakan jenis lensa kontak yang paling digemari dan digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah mata seperti:

·         Rabun jauh (miopi)

·         Rabun dekat (hipermetropi)

·         Astigmatisma

·         Presbiopi

Lensa kontak ini mengikuti bentuk mata, lebih nyaman dan cenderung berada pada posisi yang statis.

Oleh karena itu, lensa kontak jenis ini merupakan pilihan yang dianjurkan jika Anda adalah pribadi yang aktif ataupun senang berolahraga.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

3 Jenis Contact Lens

       2.   Hard contact lenses

Lensa kontak jenis ini memberikan pandangan yang lebih jelas dan lebih tajam pada beberapa masalah mata tertentu, terutama jika Anda sudah mencoba menggunakan soft contact lenses dan tidak puas dengan hasilnya.

Sirkulasi udara pada hard contact lenses seringkali lebih baik daripada soft contact lenses sehingga dapat mengurangi resiko infeksi. Dibutuhkan waktu hingga 1 minggu untuk dapat beradaptasi dengan lensa kontak ini karena lensa kontak jenis ini seringkali berpindah posisi.

       3.   Lensa kontak jenis khusus

  • Hybrid contact lenses

Hybrid contact lenses memiliki fitur pusat lensa yang keras (permeabel terhadap udara) dikelilingi dengan lapisan yang lunak. Lensa kontak jenis ini biasanya dipilih jika Anda memiliki masalah dengan kurvatura kornea yang ireguler (keratoconus).

  • Bifocal or multifocal contact lenses

Lensa kontak ini, tersedia dalam bentuk lunak dan keras, dapat mengkoreksi berbagai kelainan seperti: miopi, hipermetropi, presbiopi dan astigmatisma.

  • Tinted contact lenses

Lensa kontak jenis ini (digunakan sebagai fungsi kosmetik atau terapeutik) digunakan untuk meningkatkan persepsi warna dan membantu kompensasi pada penderita buta warna.

0 Komentar

Belum ada komentar