Sukses

Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya

Orangtua yang membersihkan dot bayi dengan cara menyedotnya mungkin dapat melindungi buah hati mereka dari alergi...

KlikDokter.com - Orangtua yang membersihkan dot bayi dengan cara menyedotnya mungkin dapat melindungi buah hati mereka dari alergi, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics tanggal 6 Mei 2013.

Bill hesselmar, MD, profesor di bidang alergi anak di Universitas Gothenburg di Swedia dan koleganya menganalisa 184 bayi yang lahir di Mölndal Hospital di Gothensburg.

Orangtua membuat sebuah jurnal yang berisi catatan 1 tahun pertama hidup anaknya. Seorang dokter anak ahli alergi memeriksa tiap anak pada usia 18 dan 36 bulan.

Sampel air liur diambil saat bayi berusia 4 bulan dan cara masing-masing orangtua membersihkan dot dicatat oleh peneliti berdasarkan hasil wawancara.

Berikut hasil penelitian para peneliti tersebut.

1 dari 2 halaman

Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya

Para peneliti tersebut menemukan bahwa anak yang orangtuanya menyedot dot mereka untuk membersihkannya lebih kecil kemungkinan mengalami asma, eksim dan sensisitasi terhadap alergen potensial pada usia 18 bulan. Efek protektif terhadap eksim tetap ada sampai bayi berusia 36 bulan.

Ketika peneliti mencari hubungannya dengan cara persalinan serta tingkat pendidikan ibu, mereka menemukan bahwa ibu yang melahirkan spontan (lewat vagina) lebih mungkin membersihkan dot bayi dengan cara menyedotnya dibandingkan ibu yang melahirkan dengan cara operasi.

Anak yang lahir lewat vagina dan terpajan mikrobiota yang ada pada mulut ibunya memiliki prevalensi eksim terendah yaitu sekitar 20%. Menurut para peneliti, hal ini disebabkan oleh pengaruhnya terhadap komposisi mikrobiota pada bayi. 

Skala yang kecil menjadi kekurangan studi ini. Namun, hasilnya menunjukkan bahwa kontak oral yang dekat antara orangtua dan anaknya diperbolehkan - memfasilitasi transfer bakteri pada usia yang sangat muda sebelum anak mulai menggunakan sendok.

Referensi:
http://www.medscape.com/viewarticle/803636

0 Komentar

Belum ada komentar