Sukses

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Walau paling nikmat diminum kapan saja, pagi hari ternyata waktu yang paling buruk bagi tubuh menerima kopi. Berikut penjelasan dr. Muhamad Anwar Irzan di sini.

KlikDokter.com - Minum kopi di pagi hari menjadi kebiasaan begitu banyak orang untuk mengusir kantuk saat bekerja maupun menjalankan aktivitas lainnya. Waktu ini dinilai tepat karena membuat mereka lebih prima. Tapi ternyata, pagi hari sebenarnya salah satu saat terburuk dalam sehari untuk anda minum kopi. 

Alasannya? Karena tingginya tingkat kortisol dalam tubuh kita di pagi hari.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi menciptakan dua masalah. Salah satunya adalah bahwa kafein mengganggu produksi kortisol di dalam tubuh, hormon ini yang dilepaskan oleh tubuh dalam respon terhadap stres dan glukosa darah pada kadar yang rendah. Tubuh pada akhirnya memproduksi kortisol yang rendah dan lebih mengandalkan kafein untuk mengompensasi hal yang terjadi.

Inilah efek lain ari minum kopi di pagi hari. Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Efek lain dari minum kopi di pagi hari adalah meningkatkan toleransi seseorang terhadap kafein karena menggantikan kortisol yang disebabkan dorongan alami yang memang merupakan respon dari tubuh.

Ingatlah bahwa kadar kortisol tinggi pada tiga kali dalam sehari, bukan hanya pagi hari saja.

Menurut sebuah studi 2009 yaitu pada malam dan dini hari. Jadi waktu terbaik untuk minum kopi - atau kafein secara umum - adalah antara 10 pagi dan siang, dan 14:00-17:00

Peminum kopi pagi harus mempertimbangkan menyesuaikan jadwal mereka untuk lebih mengoptimalkan asupan kafein mereka.

Secangkir kopi di pagi hari pada dasarnya merupakan sebuah sugesti yang diterima oleh penikmat kopi untuk membuat dirinya lebih prima.

0 Komentar

Belum ada komentar