Sukses

Konsumsi Vitamin E Bisa Mencerahkan Kulit, Benarkah?

Konsumsi vitamin E dipercaya bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Apakah benar? Mari simak manfaat vitamin E untuk mencerahkan kulit di sini.

Coba cek komposisi perawatan kulit Anda. Sangat mungkin Anda tak kesulitan menemukan kandungan vitamin E di dalamnya. Banyak produsen skin care memang memasukkan vitamin E untuk membuat kulit lebih cerah, sehat, sekaligus menghambat penuaan.

Namun, bagaimanakah faktanya? Apakah benar manfaat vitamin e mencerahkan kulit tersebut? Mari kita simak penjelasannya berikut.

1 dari 3 halaman

Vitamin E untuk Mencerahkan Kulit

Sebagai salah satu vitamin larut lemak, vitamin E telah digunakan selama lebih dari 50 tahun dalam bidang dermatologi.

Antioksidan ini adalah bahan penting dalam banyak produk kosmetik di pasaran. Tak heran, karena ada banyak manfaat vitamin E untuk kulit.

Vitamin E bermanfaat sebagai antiinflamasi atau antiradang, sekaligus mendukung fungsi sel, sistem imunitas tubuh, serta kesehatan kulit. Peran antiradang ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda dan cerah. 

Vitamin E juga bekerja sebagai salah satu antioksidan di dalam tubuh. Senyawa ini efektif melawan efek radikal bebas akibat proses metabolisme makanan serta racun yang ada di lingkungan, seperti polusi udara, asap rokok, dan paparan sinar matahari.

Artikel lainnya: 6 Jenis Vitamin yang Bagus untuk Kulit Wajah Anda

Paparan radikal bebas dapat membuat proses penuaan tubuh menjadi lebih cepat, serta melemahkan, dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat.

Oleh karena itu, antioksidan yang berasal dari vitamin E berguna untuk meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas ini. Bonusnya lagi, proses penuaan sel, seperti keriput, juga bisa dihambat.

Selain berkhasiat bagi kulit, vitamin E juga bermanfaat untuk beberapa kondisi kesehatan, seperti penyakit alzheimer serta penyakit hati.

Vitamin E diketahui bisa menghambat perkembangan alzheimer pada penderita tipe ringan dan sedang.

Gejala-gejala penyakit hati yang bukan disebabkan alkohol juga dapat membaik dengan asupan tinggi vitamin E. Namun demikian, penelitian-penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mempelajari peran vitamin E dalam berbagai kondisi kesehatan.

Artikel lainnya: Lebih Penting Vitamin C atau Vitamin E untuk Kulit?

2 dari 3 halaman

Sumber Vitamin E Terbaik untuk Kulit

Tak sulit mendapatkan sumber vitamin E dari asupan sehat di sekitar Anda. Beberapa makanan sumber vitamin E antara lain: 

  • Makanan olahan tertentu, misalnya sereal, margarin, dan jus.
  • Salmon, abalone, dan juga makanan laut lain.
  • Bayam, brokoli, dan juga sayuran hijau lainnya.
  • Buah kiwi, mangga, tomat, dan buah-buahan lainnya.
  • Kacang-kacangan serta biji-bijian, seperti hazelnut, biji bunga matahari, kacang tanah, serta almond.
  • Minyak nabati, misalnya minyak gandum, bunga matahari, serta minyak kacang kedelai.

Vitamin E alami sering dituliskan d-alpha-tocopherol di label makanan. Vitamin tersebut juga dihasilkan secara sintesis dalam bentuk dl-alpha-tocopherol.

Selanjutnya, vitamin E juga akan diserap lebih baik jika dikombinasikan dengan vitamin C. Karena itu, Anda sangat disarankan untuk memvariasikan makanan ini dengan asupan tinggi vitamin C seperti kale, jambu biji, dan jeruk. 

Selain dari makanan dan minuman, vitamin E dapat diperoleh melalui suplementasi. Namun ingat, Anda tetap harus memperhatikan dosis konsumsinya. 

Penggunaan suplemen vitamin E dengan dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping yang serius, seperti meningkatnya risiko stroke perdarahan.

Benar bahwa vitamin E bisa mencerahkan kulit. Bahkan, lebih jauh lagi, vitamin ini juga berperan sebagai antiradang, menghambat penuaan, keriput, serta melindungi dari radiasi sinar UV.

Makanya, jangan ragu mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E yang tinggi. Jangan lupa, kombinasikan dengan variasi menu sehat lainnya, ya!

Dapatkan berita menarik lainnya seputar kesehatan kulit dengan mengunduh aplikasi Klikdokter

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar