Sukses

Benarkah Vitamin E Dapat Mencerahkan Kulit?

Asupan vitamin E diperlukan kulit agar kesehatan dan kelembabannya terjaga. Bahkan vitamin E juga dinilai dapat mencerahkan kulit. Baca lebih dalam fakta medisnya di sini.

Amway Nutrilite

KlikDokter.com - Vitamin E merupakan antioksidan larut lemak yang paling banyak ditemukan pada kulit manusia. Pada kulit, kadar vitamin E di lapisan epidermis lebih tinggi dari lapisan dermis.

Karena sifatnya yang larut lemak, vitamin E dapat menembus ke semua lapisan kulit dan ikut menjaga kelembaban kulit. Vitamin E terakumulasi dalam kelenjar sebasea, kemudian diteruskan ke permukaan kulit melalui sebum. Oleh karena itu, kadar vitamin E lebih tinggi pada individu yang memproduksi sebum lebih banyak, misalnya pada jenis kulit berminyak.

Kadar vitamin E pada kulit dapat berkurang. Salah satunya akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari, yang menurunkan jumlah vitamin E pada lapisan terluar kulit. Faktor lainnya adalah usia. Semakin bertambah usia seseorang, konsentrasi vitamin E dalam epidermis ikut menurun.

Peran utama vitamin E pada kulit adalah sifat antioksidannya yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Molekul dalam vitamin E dapat menyerap cahaya spektrum UVB, namun efek tabir surya dari vitamin E dianggap terbatas karena tidak dapat menyerap sinar UVA (cahaya dalam panjang gelombang yang lebih tinggi dari sinar UVB). Dengan demikian, efek protektif utama dari vitamin E adalah sifat antioksidannya.

Dibandingkan dengan penggunaan vitamin E tunggal, studi lain menyebutkan bahwa kombinasi antara vitamin C dan E memiliki efek proteksi terhadap kerusakan kulit akibat sinar UV. Kombinasi kedua vitamin tersebut menunjukkan jumlah kerusakan DNA yang lebih rendah setelah paparan sinar UV. Hal ini berlaku untuk suplementasi oral maupun penggunaan topikal.

Secara topikal, vitamin E juga memiliki efek antiinflamasi pada kulit. Kelompok vitamin E terdiri dari delapan tocopherol dan tocotrienol yang berbeda, dan masih diperlukan studi lebih lanjut untuk menentukan efek masing-masing molekul terhadap fungsi kulit, termasuk kaitannya dalam mencerahkan warna kulit. 

0 Komentar

Belum ada komentar