Sukses

Mengurangi Polusi Udara di Dalam Rumah

Kualitas udara dalam ruangan di rumah Anda dapat mempengaruhi kesehatan Anda maupun anggota keluarga.

KlikDokter.com – Kesehatan manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas udara  dalam  ruangan, apalagi di daerah  perkotaan  80%  dari  kegiatan  individu  dilakukan di dalam ruangan.

Berbeda halnya dengan polusi luar ruangan yang kadang bisa dilihat secara kasat mata, seperti asap knalpot kendaraan bermotor yang berwarna hitam, polusi dalam ruangan tidak terlihat bahkan tidak berbau. Inilah mengapa polusi dalam ruangan jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan polusi luar ruangan. WHO pun menyatakan bahwa polusi dalam ruangan 1000 kali lebih dapat mencapai paru dibandingkan dengan polusi luar ruangan.

Pertanyaannya, apa saja yang bisa mencemari udara di dalam rumah? Polutan yang mengintai di luar ruangan dapat ditemukan juga di dalam ruangan, di mana mereka dapat bergabung dengan iritan lainnya. Misalnya asap dari perangkat dan peralatan berbahan bakar gas, alergen seperti bulu hewan peliharaan, tungau debu rumah, dan jamur.

Udara yang buruk di dalam rumah akan memicu batuk, sesak dada, sakit tenggorokan, mata berair atau gatal, sesak napas, bahkan serangan asma. Namun, gejala yang timbul terkadang tidak selalu mudah disadari, bahkan tak terasa langsung pada tubuh.

Berikut adalah beberapa cara untuk meminimalisasi polusi udara di dalam rumah:

  • Meningkatkan ventilasi udara

Gangguan ventilasi udara berupa kurangnya udara segar yang masuk, serta buruknya distribusi udara dan kurangnya perawatan sistem ventilasi udara. Jangan tutup rumah dan jendela terlalu rapat. Karena jika udara terus menetap di dalam rumah, yang terjadi adalah rumah akan lembab dan banyak mendatangkan penyakit.

  • Membersihkan AC secara teratur

Bersihkan penyaring udara pada AC secara rutin, karena bila kotor akan memudahkan timbulnya lumut dan bakteri.

  • Menggunakan HEPA filter

HEPA (High-efficiency particulate arrestance) filter dianggap mampu menjadikan udara lebih bersih, karena dapat menyedot debu secara maksimal. Karena itu, HEPA filter menjadi salah satu solusi untuk menciptakan udara sehat di dalam rumah, khususnya jika terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat alergi terhadap debu atau asma.

  • Mengurangi penggunaan bahan kimia

Perhatikan label pada produk rumah tangga. Jika memungkinkan, beralihlah pada produk alami yang lebih sedikit mengandung bahan kimia. Apabila Anda perlu menggunakan bahan kimia yang kuat, gunakan secara hemat dan ikuti semua tindakan pencegahan yang dijelaskan pada kemasan.

  • Menjaga semua perabot dan tirai

Keluarkan barang-barang yang berukuran besar sebelum dibersihkan, agar debu yang menempel tidak berpindah ke perabot lainnya. Ganti dan cuci tirai setidaknya dua minggu atau sebulan sekali.

Untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan akibat polusi udara yang semakin tak terkendali, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen kesehatan seperti BRAND’S® Saripati Ayam dengan tambahan cordyceps.

Sejak dulu cordyceps dipercaya kaya akan kandungan pengobatan yang dapat menguatkan energi (tenaga) dalam tubuh, serta memiliki manfaat untuk kesehatan saluran pernapasan, paru-paru, dan fungsi ginjal.

Anjuran konsumsi adalah satu botol per hari. BRAND’S® Saripati Ayam dapat dikonsumsi langsung dari botolnya, pada suhu ruangan, didinginkan atau dihangatkan. Apabila sudah dibuka, sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin dan dikonsumsi dalam maksimal 24 jam. Minum setiap hari, di mana saja, kapan saja, sebagai bagian dari hidup sehat Anda.(ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar