Sukses

Amankah Udara Berpolusi untuk Berolahraga?

Berolahraga di luar ruangan tentu segar dan menyenangkan, namun bagaimana dengan risikonya terhadap kesehatan? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Salah satu kendala dalam berolahraga di luar ruangan adalah polusi udara. Apalagi, selama berolahraga, Anda biasanya menghirup lebih banyak udara dan bernapas lebih dalam ke paru-paru. Anda pun cenderung bernapas melalui mulut selama berolahraga, sehingga udara yang Anda hirup akan melewati hidung Anda (yang biasanya menyaring partikel polusi udara).

Masalah kesehatan yang berkaitan dengan polusi udara meliputi kerusakan saluran udara paru-paru, iritasi mata, peningkatan risiko asma, serta peningkatan risiko kematian akibat kanker paru-paru.

Namun, Anda tetap dapat meminimalisasi risiko masuknya polusi udara dengan cara:

  • Pilih waktu latihan dengan hati-hati

Ketika kondisi udara sedang buruk, sebaiknya Anda tidak berolahraga di luar ruangan atau kurangi intensitas dan durasinya.

  • Hindari daerah yang padat

Tingkat polusi tertinggi biasanya berjarak 50 kaki (15 meter) dari jalan. Untuk itu, hindari daerah yang “sibuk”, padat, serta memiliki tingkat kemacetan tinggi.

  • Latihan di dalam ruangan

Kombinasikan rutinitas olahraga di luar ruangan dengan olahraga di dalam ruangan, terutama saat polusi sedang tinggi-tingginya. Anda juga bisa mengambil kelas di gym terdekat sebagai solusi.

  • Gunakan masker

Meski masker tidak bisa memproteksi sepenuhnya paparan polusi, tetapi penggunaan masker bisa memperkecil risiko terkena infeksi saluran pernapasan akut.

  • Konsumsi antioksidan

Untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang berbahaya, konsumsilah secara rutin makanan yang banyak mengandung antioksidan. Misalnya ceri, bluberi, kiwi, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan energi saat Anda berolahraga, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen kesehatan seperti BRAND’S® Saripati Ayam dengan tambahan cordyceps.

Sejak dulu cordyceps dipercaya kaya akan kandungan pengobatan yang dapat menguatkan energi (tenaga) dalam tubuh, serta memiliki manfaat untuk kesehatan saluran pernapasan, paru-paru, dan fungsi ginjal.

Anjuran konsumsi adalah satu botol per hari. BRAND’S® Saripati Ayam dapat dikonsumsi langsung dari botolnya, pada suhu ruangan, didinginkan atau dihangatkan. Apabila sudah dibuka, sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin dan dikonsumsi dalam maksimal 24 jam. Minum setiap hari, di mana saja, kapan saja, sebagai bagian dari hidup sehat Anda.(ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar