Sukses

Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

KlikDokter.com - Sakit tenggorokan merupakan keluhan yang paling umum ditemukan sehari-hari. Radang tengggorokan dapat disebabkan infeksi bakteri, virus, maupun alergi. 

Tidak jarang bahwa saran pemberian antibiotik adalah salah satu pengobatan yang dipilih ketika keluhan radang tenggorokan muncul. Apakah ini tepat? Belum tentu.

Apabila penyebab radang disebabkan oleh infeksi bakteri, pemilihan terapi dengan antibiotik merupakan cara terbaik.

Namun apabila radang tenggorokan bukan disebabkan oleh bakteri, maka antibiotik tidak diperlukan. Infeksi virus pada umumnya gejala bisa berkurang dengan sendirinya dengan daya tahan tubuh yang baik.

Untuk itu, bagaimana mengatasi gejala radang ini? Beberapa bahan herbal berikut ini bisa mengurangi gejala nyeri pada tenggorokan dan mencegah terjadinya radang tenggorokan, antara lain, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

Berikut beberapa bahan herbal yang dimaksud, antara lain:

  1. Jahe

Jahe memiliki efek antiperadangan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika terjadi peradangan pada tenggorokan.

  1. Kencur

Atau lebih dikenal dengan curcuma zedoaria, juga memiliki efek antiperadangan yang dapat mengurangi rasa nyeri tenggorokan.

  1. Omega-3

Omega-3 banyak terkandung di dalam salmon. Omega-3 memiliki efek antiperadangan sehingga dapat mengurangi nyeri tenggorokan.

  1. Echinacea angustifolia

Tanaman ini juga memiliki efek antiperadangan sehingga akan mengurangi rasa nyeri

  1. Alternanthera sessilis 

Tanaman ini banyak digunakan di Bangladesh sebagai obat herbal. Tidak hanya di Bangladesh, tanaman ini pun bisa dijumpai di negara Asia lain seperti  Indonesia. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama kremah atau kremo dalam bahasa Jawa dan tolod dalam bahasa Sunda. Tanaman ini memiliki salah satu efek anti peradangan sehingga akan mengurangi nyeri tenggorokan

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat meningkatkan jumlah sel T dan interleukin. Sel T merupakan sel yang berperan dalam sistem imun. Sedangkan interleukin merupakan glikoprotein yang diproduksi oleh sel darah putih yang juga berperan dalam sistem imun.  Sumber vitamin D antara lain jamur, telur, dan minyak ikan.

  1. Vitamin A

Vitamin A juga memiliki peran penting dalam sistem imun diantaranya meningkatkan respon imunitas usus dan meningkatkan sel T. Sumber vitamin A antara lain wortel, hati sapi, kuning telur, dan susu.

  1. Zink

Zink akan menurunkan angka kejadian terkena radang tenggorokan setiap tahun. Pemberian zink pada anak setiap hari 10 mg dan 15 mg akan menurunkan kejadian radang tenggorokan.

  1. Probiotik

Pemberian probiotik akan membantu mencegah terjadinya infeksi saluran napas.

  1. Ginseng

Konsumsi ginseng akan menurunkan terjadinya influenza dan radang tenggorokan.

0 Komentar

Belum ada komentar