Kanker

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Klikdokter, 28 Agt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penelitian terbaru akhirnya dapat menunjukkan dengan pasti jenis dan takaran asupan serat alami bagi kesehatan tubuh khususnya dalam menurunkan resiko kanker usus pada manusia. Mari simak info medis berikut.

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker UsusKlikDokter.com - Penelitian terbaru akhirnya dapat menunjukkan dengan pasti jenis dan takaran asupan serat alami bagi kesehatan tubuh khususnya dalam menurunkan resiko kanker usus pada manusia.

Apabila selama ini kita telah sering mendengar manfaat dan kebutuhan serat dalam makanan sehari-hari, tentu kita akan selalu beranggapan bahwa serat alami tersebut cukup dari buah dan sayuran semata.

Namun kenyataannya, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam the British Medical Journal menemukan bahwa asupan serat alami dari gandum dan biji-bijian lebih mempunyai khasiat dalam mencegah berbagai penyakit khususnya di usus.

Para peneliti dari Imperial College London, Inggris ini menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gram gandum dan biji-bijian sehari, telah mampu meningkatkan kebutuhan serat alami tubuh sekaligus menurunkan resiko terkena kanker usus sebanyak 10%.

Berbanding terbalik dengan hasil 25 studi sebelumnya yang hanya menggunakan buah serta sayuran.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Meskipun buah dan sayuran juga mempunyai serat alami yang baik bagi tubuh, namun kadar dan khasiatnya tidak memberikan perubahan pada penurunan resiko kanker usus.

Bahkan berdasarkan hasil penelitian mereka terhadap 2 juta orang, mereka berani menyimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kadar serat alami yang diasup setiap hari khususnya dengan mengkonsumsi gandum dan biji-bijian, akan semakin meningkatkan pencegahan terhadap kanker rektum maupun kanker kolon yang merupakan jenis kanker usus yang biasa menyerang pria dan wanita.

Hasil dari penelitian ini juga mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa serat alami dari gandum dan biji-bijian telah terbukti melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, obesitas dan penyumbatan pada saluran darah. Serat alami ini bisa kita temukan dalam beras merah, roti gandum, sereal, oat meal, dan bubur yang terbuat dari kacang-kacangan.

Seperti dilansir dalam BBC News Health, Dagfinn Aune selaku pimpinan penelitian menjelaskan bahwa semakin banyak memakan serat alami akan semakin baik.

Bahkan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak telah mampu memberikan efek. Yaitu dengan memasukkan 90 gram gandum dan biji-bijian dalam menu makanan keseharian, mampu menurunkan 20% resiko kanker rectum yang lebih banyak menyerang pada pria.

Untuk itu sudah selayaknya kita semakin sadar akan perlunya memasukkan berbagai jenis makanan yang mengandung gandum dan biji-bijian dalam asupan sehari-hari kita demi mencegah segala penyakit yang mengintai akibat pola makan kita yang telah terkikis oleh gaya hidup serba instan dan cepat, tanpa menyadari banyak hal yang telah kita skip atau lewati. [](E)

Gandum Dan Biji-Bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Konsultasi Dokter Terkait