Sukses

Kebiasaan Sehari-hari yang Mempengaruhi Penampilan

Inilah kebiasaan-kebiasaan yang ternyata dapat mempengaruhi penampilan Anda, tanpa Anda sadari.

KlikDokter.com - Memiliki kulit yang sehat tak hanya berasal dari produk yang Anda gunakan setiap hari.  Hal-hal dan keputusan-keputusan yang Anda lakukan setiap hari, apa yang Anda makan, kemana Anda pergi, apa yang sedang Anda rasakan, ternyata juga mempengaruhi penampilan kulit Anda.

Pola makan

Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas kusam? Perhatikan asupan makanan Anda. Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup dan mengurangi konsumsi lemak dan karbohidrat dapat membuat kulit Anda tetap sehat seiring dengan proses penuaan. Oleh karena itu, ubahlah pola makan Anda mulai sekarang. Kurangi konsumsi lemak, karbohidrat dan gula berlebih yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda.

Vitamin

Krim anti aging Anda mungkin sudah mengandung vitamin C atau E. Namun asupan dari luar saja ternyata tidak cukup. Perbanyak konsumsi anti oksidan seperti buah, sayuran dan ikan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas. Selain itu antioksidan juga bisa memperlambat terjadinya proses penuaan dini pada kulit.

Olahraga

Mungkin Anda sudah tahu manfaat baik dari berolahraga rutin. Tak hanya baik untuk kesehatan Anda secara menyeluruh, tetapi juga untuk kesehatan kulit Anda. Olahraga rutin akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang membawa oksigen dan nutrisi penting dan membantu kulit untuk memproduksi kolagen dan mencegah kerutan.

Tidur yang cukup

Cobalah Anda bergadang dan tidak tidur semalaman. Keesokan harinya saat Anda berkaca tentu Anda akan mendapati wajah Anda "dihiasi" lingkarang mata yang menghitam, kulit kusam dan mata sembab. Oleh karena itu tidur yang cukup 7-8 jam sehari akan membuat kulit Anda tetap sehat. Jangan lupa juga perhatikan posisi tidur Anda. Usahakan untuk tidur dalam posisi terlentang untuk menghindari timbulnya kerutan karena posisi tidur yang miring atau tengkurap berulang.

Berikut kebiasaan lainnya yang dapat berdampak pada penampilan Anda. Selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Kebiasaan Sehari-hari yang Mempengaruhi Penampilan

Sinar Matahari

Tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan disinari matahari hampir sepanjang tahun, tentu akan membuat Anda terpapar sinar matahari yang berlimpah. Terlebih jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda berada di luar ruangan setiap hari. Sekitar hampir 90% kerusakan kulit disebabkan oleh karena sinar matahari. Kerusakan kulit tak hanya berupa terjadinya proses penuaan dini seperti munculnya flek hitam, kerutan tetapi juga risiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu selalu gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 30 jika Anda selalu berada di luar ruangan dan usahakan untuk menghindari matahari dari pk. 09.00 - 16.00.

Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebih tak hanya bisa berakibat buruk untuk tubuh Anda tetapi juga kesehatan kulit Anda. Alkohol bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Hal ini dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Kulit yang kering akan lebih mudah terjadi kerutan. Tentu Anda tidak mau bukan terlihat lebih tua dari usia Anda?

Rokok

Tidak ada manfaat yang baik dari rokok. Tentu Anda sudah mengetahuinya. Rokok adalah penyebab kedua (yang pertama adalah sinar UV) yang dapat menyebabkan terjadinya kerutan dini dan kulit yang kering. Jika dilihat di bawah mikroskop, Anda bahkan bisa melihat perokok yang sudah berusia 20 tahun sudah memiliki kerutan. Rokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan mengurangi pembentukan jaringan kolagen. Kolagen berkurang=kerutan.

Pembersihan Wajah

Naik turun kendaraan umum, berjalan kaki di trotoar - rasanya setiap hari Anda akan terpapar oleh polusi. Tak hanya polusi dari kendaraan bermotor, udara di dalam ruangan yang kotor dan asap rokok juga akan mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu membersihkan wajah dan jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar