Sukses

Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memengaruhi Penampilan Anda

Tahukah Anda, terdapat kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat memengaruhi penampilan? Kenali dan waspadai, agar penampilan Anda tetap terjaga!

Penampilan memiliki banyak komponen yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. Misalnya, kulit yang cerah, postur yang baik, dan aroma tubuh yang harum.

Penampilan yang baik juga dapat meningkatkan mood dan kepercayaan diri, meski tidak sedang berada di ruang publik.

Sayangnya, menjaga penampilan bukanlah perkara mudah. Selain menggunakan produk kecantikan yang sesuai, Anda juga mesti memperhatikan kebiasaan sehari-hari.

Artikel Lainnya: 12 Kebiasaan Sehari-hari untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Faktanya, terdapat kebiasaan sehari-hari yang dapat memengaruhi penampilan Anda. Apa saja?

1 dari 7 halaman

1. Pola makan

Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas kusam? Perhatikan makanan Anda sehari-hari.

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dan mengurangi konsumsi lemak serta karbohidrat dapat membuat kulit Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Oleh karena itu, ubahlah pola makan Anda mulai sekarang. Batasi konsumsi lemak, karbohidrat, dan gula, yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

2. Kekurangan Vitamin

Krim anti-aging  mungkin sudah mengandung vitamin C atau E. Namun, asupan dari luar saja ternyata tidaklah cukup.

Anda mesti memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan, seperti buah, sayuran, dan ikan agar kulit terlindung dari pengaruh buruk radikal bebas.

Makanan kaya antioksidan juga dapat memperlambat proses penuaan. Dengan kata lain, Anda bisa terlihat tua lebih cepat apabila kurang atau tidak mengonsumsi asupan tersebut sama sekali.

2 dari 7 halaman

3. Kurang Olahraga

Olahraga juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit Anda. Olahraga rutin akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, yang membawa oksigen dan gizi penting. Hal itu membantu kulit memproduksi kolagen, sehingga kesehatannya tetap terjaga dan kerutan tidak mudah terjadi.

Artikel Lainnya: 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Memicu Nyeri Otot

4. Begadang alias Tidak Cukup Tidur

Bergadang dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran mata menghitam, kulit kusam, dan mata sembap. Sebaliknya, tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap hari akan membuat kulit Anda tetap sehat.

Perhatikan posisi tidur Anda. Usahakan tidur dalam posisi telentang untuk menghindari timbulnya kerutan.

3 dari 7 halaman

5. Terpapar Sinar Matahari Tanpa Pelindungan

Sekitar hampir 90 persen kerusakan kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kerusakan kulit tak hanya berupa penuaan dini, seperti munculnya flek hitam, dan kerutan; tetapi juga risiko terkena kanker kulit.

Oleh karena itu, gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 30 jika Anda selalu berada di luar ruangan saat siang hari. Usahakan pula menghindari matahari dari pukul 9 pagi hingga 4 sore.

6. Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih dapat mengganggu kesehatan kulit Anda. Faktanya, alkohol bersifat diuretik sehingga dapat membuat tubuh kehilangan cairan. Hal ini dapat menyebabkan kulit kering, sehingga lebih mudah mengalami kerutan.

4 dari 7 halaman

7. Kebiasaan Merokok

Rokok adalah penyebab kedua dari keluhan kerutan dini dan kulit kering. Olahan tembakau ini dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan mengurangi pembentukan jaringan kolagen. Padahal, kolagen yang berkurang sama dengan bertambahnya kerutan di kulit.

8. Tidak Rutin Membersihkan Wajah

Polusi ada di mana-mana. Kendaraan bermotor, udara di dalam ruangan yang kotor, dan asap rokok; semuanya dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Jika Anda ingin penampilan yang tetap terjaga, jangan sampai lupa untuk membersihkan wajah secara rutin dan teratur menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Artikel Lainnya: Lakukan 5 Kebiasaan ini untuk Mewujudkan Keluarga Sehat

5 dari 7 halaman

9. Menggunakan Gawai Sebelum Tidur

Hentikan berurusan dengan gawai setidaknya satu jam sebelum tidur. Benda ini bisa menyebabkan gangguan otot akibat kelelahan memandangnya.

Paparan gadget terlalu lama juga dapat menyebabkan mata lelah dan mata kering, yang jika berlangsung dalam jangka panjang dapat merusak penampilan Anda.

10. Terlalu Sering Keramas

Keramas penting untuk menjaga kesehatan rambut, serta kulit kepala. Hal ini mesti dilakukan secara rutin dan teratur, namun tidak terlalu sering.

Terlalu sering keramas, misalnya setiap hari atau dua kali setiap mandi dapat merusak batang rambut. Jika Anda merasa rambut terasa sangat kering atau mudah lepek, bisa jadi itu akibat dari mencuci rambut terlalu sering.

Keramas sebaiknya dilakukan setiap 2 hari sekali, atau setelah memakai produk hair styling.

6 dari 7 halaman

11. Kurang Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari adalah modal awal bagi tubuh untuk membuang racun dan produk sampingan dengan optimal. Hasilnya akan terlihat dari penampilan Anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Kulit halus, absennya kantung mata, bibir lembap, dan rambut sehat bersinar, merupakan hal yang bisa Anda rasakan apabila mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari.

12. Tidak Mencintai Diri Sendiri

Apakah mencintai diri sendiri termasuk ke dalam hal yang harus menjadi kebiasaan? Tentu saja!

Rasa cinta dan percaya terhadap diri sendiri akan tercermin dari penampilan Anda. Hal tersebut pun dapat memengaruhi cara Anda membawa diri.

Bahasa tubuh yang terbuka dari seseorang yang percaya diri dapat menghasilkan persepsi baik dari orang lain terhadap penampilan Anda.

Tinggalkan kebiasaan sehari-hari yang dapat mengganggu penampilan. Ubah menjadi gaya hidup dan pola makan sehat, agar tubuh Anda bagian luar dan dalam senantiasa terjaga.

Jika Anda mempunyai keluhan seputar penampilan, tak perlu sungkan untuk konsultasi lebih lanjut pada dokter melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa juga mengunduh aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan fakta medis lainnya.

(NB/JKT)

2 Komentar