Sukses

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Jika organ jantung bermasalah, kondisi ini dapat membahayakan kesehatan. Apa saja tanda jantung yang tidak sehat?

Kesehatan jantung merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Bila organ jantung bermasalah, kondisi ini dapat membahayakan kesehatan.

Pada dasarnya, sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) berfungsi untuk menyuplai darah ke seluruh tubuh. 

Bila diibaratkan, jantung adalah pompa, sementara pembuluh darah adalah pipa berisi darah yang membawa asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. 

Jika fungsi-fungsi tersebut terganggu, maka dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jantung yang tidak sehat bisa dilihat dari berbagai gejala. Berikut ini ciri-ciri jantung bermasalah yang perlu Anda waspadai!

 

1 dari 6 halaman

1. Nyeri Dada yang Menjalar

Tanda jantung bermasalah yang sering terjadi adalah nyeri dada yang menjalar. Nyeri ini biasanya bersifat tumpul, yaitu seperti ada benda berat yang menekan di dada, khususnya sebelah kiri. 

Nyeri bisa menjalar ke lengan kiri, leher, rahang (terasa seperti sakit gigi), hingga menembus ke punggung.

Keluhan ini dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah jantung atau biasa dikenal sebagai serangan jantung.

2. Sesak Napas

Sesak napas bisa menjadi gejala jantung bermasalah. Jika fungsi jantung sebagai pompa darah terganggu, darah akan terakumulasi di berbagai organ tubuh karena tidak dipompa dengan baik.

Salah satu contoh dari kondisi tersebut ialah darah yang menumpuk di jaringan paru-paru. Cairan di paru-paru tentu akan menyebabkan sesak saat bernapas. 

Biasanya, gagal jantung merupakan masalah jantung yang menyebabkan keluhan ini.

Artikel Lainnya: Sering Mandi Malam Rentan Picu Serangan Jantung?

3. Dada Berdebar

Jantung memompa darah dengan ritme yang konstan dan otomatis. Jantung sebenarnya tidak berhenti bekerja meski Anda tidur. Fungsi tersebut diperankan oleh aliran listrik yang terdapat pada jantung.

Sayangnya, jika terdapat masalah pada aliran listrik tersebut, maka akan menyebabkan gangguan ritme jantung yang disebut aritmia. Aritmia akan menyebabkan dada terasa berdebar tiba-tiba tanpa penyebab pasti.

2 dari 6 halaman

4. Batuk

Umumnya, batuk adalah tanda adanya gangguan pada saluran pernapasan. Namun jangan salah, keluhan ini bisa juga menjadi ciri-ciri jantung bermasalah.

Batuk yang tidak kunjung berhenti tanpa disertai produksi lendir (dahak) mungkin menandakan adanya masalah jantung akibat penumpukan cairan pada paru-paru.

5. Cepat Lelah

Rasa lelah terus-menerus dapat menandakan gangguan pada jantung. Jantung berfungsi memompa darah untuk menyuplai oksigen sebagai sumber tenaga semua sel di dalam tubuh. 

Anda dapat mudah lelah bila tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup karena jantung tidak memompa dengan baik. 

Selain itu, sesak napas akibat penumpukan cairan di paru-paru juga mengurangi oksigen yang Anda hirup untuk dialirkan oleh darah.

6. Pusing

Meskipun gejala pusing sangat umum, tetapi bisa juga menjadi ciri jantung bermasalah. Kurangnya asupan darah dan oksigen di otak akibat masalah jantung akan menyebabkan pusing.

Selain pusing, gejala seperti mudah mengantuk dan pingsan juga bisa menjadi ciri-ciri jantung tidak sehat. Umumnya, masalah jantung yang menyebabkan kondisi ini adalah aritmia.

Artikel Lainnya: Kiat Merawat Penderita Penyakit Jantung di Rumah

3 dari 6 halaman

7. Keringat Berlebih

Pernahkah Anda justru banyak berkeringat saat beristirahat, cuaca tidak panas, atau saat tidak beraktivitas berat? Kondisi tersebut mungkin menandakan adanya gangguan jantung.

Biasanya, kondisi ini merupakan gejala awal jantung bermasalah. Atau, tanda awal akan terjadinya serangan jantung karena tubuh terasa tidak nyaman.

8. Kaki Bengkak

Kaki bengkak pada punggung kaki, pergelangan, hingga betis terjadi akibat adanya penumpukan cairan yang disebut edema.

Gagal jantung dapat menyebabkan penumpukan cairan pada berbagai bagian tubuh, salah satunya kaki.

9. Disfungsi Ereksi

Gangguan fungsi seksual pada pria yang ditandai dengan disfungsi ereksi bisa menjadi ciri jantung bermasalah. Impotensi atau tidak mampu mempertahankan ereksi juga termasuk disfungsi ereksi.

Ereksi terjadi akibat adanya pembuluh darah di penis yang dipenuhi oleh darah sehingga ukuran penis bertambah. Masalah jantung dapat menyebabkan aliran darah ke penis menjadi berkurang.

4 dari 6 halaman

10. Nyeri Perut

Memang, nyeri perut atas umumnya disebabkan oleh masalah lambung. Namun, masalah pada otot jantung bagian bawah juga dapat menyebabkan nyeri perut.

Maka dari itu, bagi Anda yang berusia tua dan mengalami nyeri perut atas, sebaiknya waspada. 

Diperlukan wawancara oleh dokter, pemeriksaan fisik, dan rekam jantung untuk memastikan kondisi tersebut.

Artikel Lainnya: Inilah Tanda Serangan Jantung Sebulan Sebelumnya

11. Mual dan Muntah

Jantung yang tidak sehat dapat menyebabkan pembengkakan akibat penumpukan cairan pada daerah perut. 

Akhirnya, perut yang terasa penuh dan kembung dapat menyebabkan mual dan muntah.

Sama seperti nyeri perut, mual dan muntah memang merupakan keluhan saluran pencernaan. 

12. Rasa Tidak Nyaman di Dada

Terkadang, gangguan pada jantung tidak dimulai dengan rasa nyeri, tetapi hanya rasa tidak nyaman di dada.

Pasien akan mengatakan seperti ada yang menekan dadanya, ada juga yang merasa seperti terbakar atau sudah dipukul.

Ciri jantung bermasalah yang satu ini biasanya berlangsung agak lama dan tidak dapat ditunjuk langsung tempatnya. Jika mengalaminya, jangan ragu untuk segera ke dokter.

 

5 dari 6 halaman

13. Nyeri pada Tenggorokan dan Rahang

Jika tidak ada gejala lain, maka nyeri tenggorokan dan rahang mungkin hanyalah masalah otot atau flu.

Kondisi ini menjadi gejala jantung bermasalah jika kemunculannya disertai dengan nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada.

Anda dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter jika sampai mengalami kondisi ini.

14. Mendengkur Keras

Mendengkur saat tidur biasa mungkin adalah hal yang normal. Namun, akan berbeda halnya jika Anda mendengkur dengan keras. Itu bisa jadi merupakan ciri jantung tidak sehat.

Dengkuran keras, bahkan seperti terengah-engah atau tersedak dapat menjadi gejala sleep apnea.

Sleep apnea adalah kondisi henti napas sejenak selama beberapa kali saat Anda sedang tidur. Kondisi tersebut akan memberikan tekanan yang lebih pada jantung Anda.

Demikian beberapa ciri-ciri jantung bermasalah yang perlu Anda waspadai. Bagi Anda yang memiliki berbagai faktor risiko penyakit jantung, sebaiknya periksakan diri lebih lanjut ke dokter.

Bila ingin konsultasi lebih cepat ke dokter seputar kesehatan jantung, gunakan fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[WA]

1 Komentar