Sukses

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Beberapa manfaat musik adalah menenangkan pikiran dan membantu menambah kreativitas dalam bekerja. Lalu, apakah musik juga dapat membuat seseorang lebih pintar? Simak info medis dr. Dewi Ema Anindia berikut.

KlikDokter.com - Beberapa manfaat musik adalah menenangkan pikiran dan membantu menambah kreativitas dalam bekerja.

Apakah musik dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard baru-baru ini membuktikan bahwa musik tidak ada pengaruh terhadap kepintaran.

Sebanyak 80% orang dewasa di Amerika berpikir bahwa musik dapat meningkatkan intelegensi seorang anak dikatakan Samuel Mehr dan profesor Elizabeth Spelke dari Harvard.

Mitos mengenai pengaruh musik terhadap intelegensi ini bermulai saat sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 1993 pada the Journal Nature yang membahas mengenai “The Mozart Effect” dimana disebutkan pada jurnal tersebut seseorang yang dapat memainkan alat musik berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam bekerja.

Namun studi ini tidak lama kemudian dibatalkan dan  dianggap hanya sebagai mitos.

Inilah hasil penelitian Mehr... Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Mehr dan teman-temannya melakukan penelitian untuk membuktikan hal ini dimana mereka melakukan penelitian terhadap 29 orangtua yang memiliki anak dengan usia 4 tahun.  Dimana mereka memberikan pelatihan musik untuk satu kelompok dan untuk kelompok lain tidak, di akhir penelitian ini para peneliti tidak menemukan perbedaan dalam hasil tes kognitif dimana mereka menilai penggunaan bahasa, kemampuan matematika, dan kemampuan spasial (ruangan), dimana tes ini dikatakan lebih akurat dibandingkan test IQ.

Dimana terbukti bahwa pelatihan musik tidak ada keuntungan dalam perkembangan kognitif pada kedua kelompok. Untuk penelitian ini peneliti hanya menggunakan musik klasik dan tidak melakukan penelitian untuk jenis musik lain.

Walaupun mereka menyimpulkan bahwa pemberian musik tidak berpengaruh terhadap perkemabangan intelejensi namun mereka berpendapat bahwa perkenalan musik kepada anak merupakan hal yang sangat penting oleh karena walaupun efek untuk perkembangan intelegensi tidak ada, musik terbukti memiliki keuntungan lain.

Baca juga

0 Komentar

Belum ada komentar