Sukses

Inilah Gejala-gejala Sakit Tenggorokan

Kenali beberapa gejala awal munculnya sakit tenggorokan. Berikut informasi selengkapnya di sini bersama dr. Melyarna Putri.

KlikDokter.com - Apakah Anda pernah mengalami sakit tenggorokan? Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalami sakit tenggorokan, ya. Sakit tenggorokan memang merupakan penyakit yang sering ditemui sehari-hari.

Radang tenggorokan bisa disebabkan infeksi bakteri, virus (common cold), merokok, maupun alergi. Sebanyak 24-52% kasus infeksi saluran napas atas disebabkan oleh rhinovirus. Namun pada 57% infeksi saluran napas tidak ditemukan adanya kuman sama sekali.

Common cold merupakan kumpulan keluhan pada saluran pernapasan bagian atas yaitu hidung, sinus, dan tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan ini akan menyembuh dengan sendirinya apabila kondisi imunitas tubuh baik.

Common cold ini biasanya menular melalui kontak langsung maupun tidak langsung dengan tangan seseorang yang terkontaminasi dengan virus atau udara yang terkontaminasi virus. Gejala akan muncul setelah 1-3 hari berkontak dengan virus dan bisa bertahan hingga 3 minggu. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya gejala klinis yang muncul:

1 dari 2 halaman

Inilah Gejala-gejala Sakit Tenggorokan

Gejala klinis yang dirasakan antara lain :

  • Nyeri atau sensasi sakit tenggorokan
  • Hidung meler
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Rasa tidak nyaman pada tubuh

Walaupun penyakit ini menyembuh sendiri, namun menyebabkan penurunan produktivitas dalam bekerja dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Merokok meripakan salah satu pencetus terjadinya radang tenggorokan, baik pada perokok aktif maupun perokok pasif. An, dkk menyebutkan bahwa keseringan merokok mempengaruhi terjadinya radang tenggorokan dan btuk pada pelajar Amerika dan wanita Jepang.

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, umumnya disebabkan oleh bakteri Streptokokus Grup A.  Apakah yang membedakan gejala radang akibat bakteri dengan common cold biasa?

  • Demam tinggi > 38 derajat celcius
  • Pembengkakan tonsil atau amandel
  • Tidak batuk
  • Pembesaran kelenjar getah bening leher bagian depan yang nyeri

Apabila sakit tenggorokan memang terbukti disebabkan adanya infeksi bakteri maka pemilihan terapi dengan antibiotik merupakan jalan terbaik. Infeksi ini tidak boleh diabaikan begitu saja sebab dapat menyebabkan komplikasi serius apabila tidak ditangani secara benar. Komplikasi yang dapat ditimbulkan antara lain kelainan ginjal dan kelainan kelainan jantung. Apabila Anda mengalami gejala di atas maka segeralah kunjungi dokter untuk tatalaksana lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar