Sukses

Makanan & Minuman yang Sering Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Tidak hanya teh panas, tapi juga pola makan dan minum lainnya yang bisa menimbulkan keluhan tenggorokan. Simak selengkapnya di sini bersama dr. Melyarna Putri.

KlikDokter.com - Makan dan minum merupakan aktivitas yang sangat penting bagi makhluk hidup. Bisa dibilang, makan dan minum adalah aktivitas mendasar yang menjamin kelangsungan hidup suatu spesies. Namun, tanpa disadari, seringkali kita melakukan kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan. Kebiasaan makan dan minum yang kurang baik dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti GERD (Gastroesofageal Reflux Disease).

GERD (Gastroesofageal Reflux Disease) merupakan kelainan yang terjadi akibat asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan perasaan tidak nyaman di leher. Kelainan ini sering disalahartikan dengan sakit tenggorokan maupun keluhan lainnya.

Kebiasaan makan atau minum apa saja yang dapat berbahaya untuk tubuh?

1. Minum alkohol

Meminum alkohol lebih dari 60 gram per hari akan meningkatkan risiko kanker mulut dan kanker tenggorokan. Selain itu, konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya naiknya asam lambung ke tenggorokan (GERD). Sebab alkohol memiliki efek spesifik seperti meningkatkan produksi asam lambung dan menurunkan tekanan katup antara lambung dan tenggorokan sehingga cairan lebih mudah naik.

2. Merokok atau mengkonsumsi tembakau

Apabila kebiasaan konsumsi alkohol dibarengi dengan kebiasaan merokok atau mengkonsumsi tembakau akan meningkatkan risiko kanker mulut dan kanker tenggorokan 3.2-9.2 kali lebih besar.

Berikut di halaman selanjutnya makanan dan minuman lainnya yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan tenggorokan.

1 dari 2 halaman

Makanan & Minuman yang Sering Menyebabkan Sakit Tenggorokan

3. Kopi

Konsumsi kopi dapat meningkatkan risiko kanker lambung

4. Makanan dengan lemak tinggi

Makanan dengan lemak tinggi tidak disarankan untuk dikonsumsi pasien dengan riwayat GERD. Sebab makanan dengan lemak tinggi akan memperlambat pengosongan lambung sehingga dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

5. Jeruk dan tomat

Jeruk dan tomat tidak disarankan untuk dikonsumsi pasien dengan riwayat GERD. Jeruk dan tomat memicu terjadinya asam lambung yang naik ke tenggorokan

6. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi merupakan pencetus terjadinya GERD. Minuman berkarbonasi memiliki kerja spesifik terhadap katup lambung dan tenggorokan yaitu menurunkan tekanan katup sehingga asam lambung lebih mudah naik.

Namun dilain sisi, terdapat makanan yang dapat membantu menurunkan gangguan tenggorokan, terutama ancaman kanker tenggorokan. Berikut selengkapnya:

1. Buah-buahan

Konsumsi buah – buahan segar akan menurunkan risiko karsinoma sel skuamosa kepala dan leher

2. Sayuran

Konsumsi sayuran juga mengurangi risiko karsinoma sel skuamosa kepala dan leher

3. Teh panas

Konsumsi teh panas lebih dari 1 cangkir per hari akan mengurangi risiko kanker tenggorokan. Tak jauh berbeda dengan teh panas, konsumsi es teh pun tidak terbukti memiliki potensi menimbulkan kanker tenggorokan.

0 Komentar

Belum ada komentar