Sukses

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Sering disepelekan, tapi sebetulnya bisa jadij gejala penyakit yang cukup gawat. Berikut penjelasan dr. Jessica Florencia di sini.

KlikDokter.com - Anyang-anyangan adalah masalah kesehatan yang tidak dapat disepelekan. Anyang-anyangan didefinisikan sebagai perasaan tidak lampias saat buang air kecil disertai rasa panas atau nyeri. Hal ini normalnya tidak terjadi. Pada saat buang air kecil, kantong kencing dalam keadaan penuh maka kantong kencing akan meremas air kencing keluar. Jika proses ini terganggu seperti pada gangguan saraf atau infeksi, maka proses buang air kecil dapat terganggu.

Wanita, secara umum memang lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kencing karena ukuran saluran kencingnya pendek, hanya sekitar 4 cm jika dibandingkan dengan saluran kencing pria yang dapat mencapai 12 cm. Ukuran yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk dan memanjat saluran kencing wanita serta menimbulkan infeksi. Infeksi saluran kencing ini seringkali menyebabkan anyang-anyangan.

Anyang-anyangan juga dapat disebabkan karena kurang minum dan dapat diatasi dengan banyak minum.

Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut ini:

  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Sering kencing
  • Bau urin yang terlalu bau dan menyengat
  • Rasa tidak nyaman pada daerah perut bawah karena kontraksi kandung kencing
  • Demam, menggigil, nyeri perut  atau adanya darah pada urin

Maka, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi. Keluhan-keluhan ini perlu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan diagnostik yang sesuai seperti pemeriksaan urin (urinalisis). Pengobatan perlu dilakukan dengan tepat dan segera agar infeksi tidak makin memburuk dan menyebar.

Selain pengobatan, lebih penting lagi untuk dilakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan setiap kali berkemih. Jangan menagan buang air kecil dan bersihkanlah kewanitaan dengan arah dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi.

0 Komentar

Belum ada komentar