Sukses

Mengatasi Amandel

Penyakit amandel biasanya disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan amandel menjadi membesar akibat proses peradangan. Simak info medis dr. Adhitia Kwee berikut.

Mengatasi AmandelKlikDokter.com - Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang penyakit amandel.

Dalam istilah medis, penyakit ini dikenal dengan istilah tonsillitis. Ya, penyakit ini memang banyak sekali terjadi di sekitar kita.

Penyakit amandel biasanya disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan amandel menjadi membesar akibat proses peradangan.

Amandel yang membesar ini akan menyebabkan nyeri saat menelan makanan.

Pada anak kecil, si anak tidak akan mengeluh tenggorokannya sakit namun akan menangis dan menjadi rewel saat sedang makan. Dapat pula timbul demam, nyeri kepala, ataupun muntah.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Mengatasi Amandel

Untuk amandel yang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya maka akan diberikan antibiotik. Selain itu dapat pula diberikan obat untuk mengurangi proses peradangan yang terjadi pada amandel tersebut.

Untuk operasi pengangkatan amandel, hanya dilakukan jika sudah ada indikasi yaitu berulangnya penyakit cukup sering dan terdapat gejala penyumbatan seperti gangguan tidur. Pasien yang sering  mengalami penyakit ini dalam sebulan sampai beberapa kali, sering mengorok saat tidur, dan sering terbangun karena sesak maka sudah dianjurkan untuk dilakukan operasi pengangkatan amandel.

Tips mempercepat pemulihan proses penyembuhan:

  • Hindari minuman dingin,

  • Jauhi es krim,

  • Hindari minuman soda,

  • Jangan makan makanan yang digoreng

  • Hindari makanan manis

  • Perbanyaklah minum air putih hangat.

Bila ternyata sering berulang, dalam sebulan hingga 3 kali mengalami penyakit ini dan terdapat gangguan saat tidur, segera konsultasi ke dokter spesialis THT untuk dipikirkan langkah selanjutnya apakah perlu dilakukan operasi pengangkatan amandel atau tidak.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

Baca juga:

2 Komentar

  • elis susanti

    anak sya seringkali mengalami radang tenggorokan, kemarin waktu check diklik (kosasih) tenggorokan anak sy sudah bengkak dan berwarna2 putih, bagaimana cara saya menanganinya?

  • elis susanti

    mlm, saya dari lampung, mau bertanya.