Sukses

4 Makanan Pemicu Bau Mulut

Bijaksanalah memilih menu makanan dan minuman selama bulan Ramadhan ini. Karena salah-salah justru mulut menjadi beraroma tidak sedap karena kesalahan memilih menu. Simak selengkapnya tips dari drg. Martha Mozartha, MSi di sini.

4 Makanan Pemicu Bau MulutKlikDokter.com - Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, kita perlu memilah-milah menu makanan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Tak hanya itu, dengan mengatur pola makan, bau mulut yang menjadi masalah yang umum ditemui selama berpuasa dapat diminimalisir.

Jenis makanan tertentu memiliki kemungkinan lebih besar untuk memicu terjadinya bau mulut, salah satunya makanan yang kaya akan sulfur.

Selain itu, makanan tinggi protein juga dapat memicu terjadinya bau mulut tak sedap.

Meski dibutuhkan bagi tubuh, konsumsi makanan tersebut sebaiknya diatur dengan cermat terutama saat sahur, untuk mencegah bau tak sedap di siang hari.

Inilah 4 makanan yang jarang disadari dapat menyebabkan bau mulut... Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

4 Makanan Pemicu Bau Mulut

Inilah 4 makanan yang jarang disadari dapat menyebabkan bau mulut:

  1. Bawang putih dan bawang merah. Bawang mengandung senyawa belerang yang cukup tinggi dan akan menimbulkan bau tajam bahkan setelah menyikat gigi.

  2. Telur. Makanan ini cukup sering dipilih sebagai menu santap sahur karena cukup praktis dan mudah dibuat. Namun terlalu banyak mengkonsumsi telur juga dapat merugikan karena selain memicu bau mulut, kuning telur tinggi kandungan kolesterol.

  3.  Daging merah. Serat daging yang terjebak di sela gigi dapat membusuk dan melepaskan gas senyawa sulfur penyebab bau mulut.

  4. Susu dan produk olahannya. Susu mengandung asam amino yang kemudian akan dibentuk menjadi senyawa sulfur oleh bakteri yang terdapat di dalam mulut.

Dalam mencegah bau mulut tak sedap, pengaturan pola makan perlu didukung dengan kebersihan mulut yang baik. Oleh karena itu, tingkatkan kebersihan mulut Anda di bulan Ramadhan.

0 Komentar

Belum ada komentar