Sukses

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Biasanya anak menjadi tidak nafsu makan saat sedang batuk, bahkan tidak mau makan sama sekali. Untuk menyiasatinya, simak cara-cara jitu dari dr. Dina Kusumawardhani di sini.

Permen WOODS

KlikDokter.com - Batuk pada anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan tidak berbahaya. Namun semua orangtua pasti merasa khawatir apabila anaknya terus-menerus batuk. Meski biasanya gejala batuk dapat menghilang dengan sendirinya, segeralah periksakan ke dokter jika batuk menetap lebih dari 1 minggu disertai keluhan demam tinggi, napas cepat, perubahan suara napas, dan muntah. 

Biasanya anak yang sedang sakit akan mengalami kesulitan makan. Mereka menjadi kurang nafsu makan, bahkan tidak mau makan sama sekali. Jika terjadi berhari-hari, hal ini tentu akan mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan akibat batuk:

1. Cukup istirahat

Butuh banyak energi bagi anak untuk melawan infeksi. Selain itu, jauhkan anak dari stres, jika anak sedang sekolah atau ada masalah di rumah, berikan dia istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Berikut halaman selanjutnya kiat lainnya untuk mengatasi anak sulit selera makan ketika batuk. 

1 dari 2 halaman

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Permen WOODS

2. Cukupi kebutuhan cairan anak

Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, menurunkan demam, dan menipiskan lendir. Anak mungkin malas untuk minum, namun Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan smoothies buah-buahan atau minuman favoritnya yang dibuat dari buah-buahan. Untuk bayi kurang dari 6 bulan, jangan berikan air atau minuman apa pun kecuali ada saran dari dokter, tetap berikan ASI atau susu formula. Jangan berikan obat-obat herbal ataupun teh herbal untuk anak-anak.

3. Berikan sup ayam atau sup hangat lainnya

Cairan hangat dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat serta menimbulkan rasa nyaman pada tubuh anak. Untuk bayi di bawah 6 bulan, tetap berikan ASI atau susu formula.

4. Berikan madu

Madu dapat mengurangi gejala batuk dan menambah asupan kalori. Berikan anak ½ atau 1 sendok madu. Madu dapat dicampur dengan air hangat atau lemon. Karena madu sangat lengket dan manis, jangan lupa untuk mengingatkan anak Anda untuk menggosok gigi, terutama jika dikonsumsi sebelum tidur. Ingat, madu tidak boleh diberikan untuk anak kurang dari 1 tahun.

5. Atasi demam

Biasanya, anak yang mengalami demam tampak sakit serta tidak mau makan dan minum. Berikan kompres dengan air hangat pada dahinya, juga obat penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen.

6. Berikan makanan favorit anak

Sama seperti ketika Anda sakit, anak-anak juga mungkin tidak mau makan. Cobalah berikan makanan sehat yang mereka sukai untuk membangkitkan nafsu makannya. Jika anak hanya mau minum susu, tetaplah berikan. Susu dapat memenuhi kebutuhan cairan dan kalori sekaligus. Setelah itu, Anda dapat memberikan makanan lain secara bertahap.

7. Jangan memaksa anak untuk makan

Jangan pernah memaksa anak jika mereka tidak mau makan. Coba bujuk anak secara halus. Bayi cenderung meminta atau mengambil apa yang mereka butuhkan, dan nafsu makannya biasanya akan kembali normal segera setelah batuk membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar