Sukses

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

Ada banyak sekali mitos tentang batuk yang beredar di masyarakat, bahkan sering kali menimbulkan kesalahpahaman.

Permen WOODS

KlikDokter.com - Batuk dan pilek merupakan penyebab tersering seseorang berobat ke dokter. Sebagian besar batuk memang tidak berbahaya namun bisa sangat mengganggu. Ada banyak sekali mitos tentang batuk yang beredar di masyarakat, bahkan sering kali menimbulkan kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos tentang batuk yang harus Anda ketahui:

1. Mitos: Semua batuk disebabkan oleh infeksi.

Fakta: Tidak semua batuk disebabkan oleh infeksi. Batuk juga bisa disebabkan oleh alergi, adanya benda asing di saluran napas, gastro esophageal reflux disease (GERD), atau gagal jantung.

2. Mitos: Antibiotik membuat batuk lebih cepat sembuh.

Fakta: Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus, artinya pemberian antibiotik tidak akan berpengaruh apa pun. Antibiotik hanya diberikan jika batuk memang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kuman menjadi kebal (resisten).

Berikut fakta pelurusan mitos seputar batuk lainnya selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

Permen WOODS

3. Mitos: Batuk lama pasti disebabkan oleh tuberkulosis (TBC).

Fakta: Ada banyak penyebab batuk kronis atau batuk lama, di antaranya tuberkulosis, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), alergi, asma, kanker paru, dan sebagainya.

4. Mitos: Obat batuk dapat menyebabkan kantuk.

Fakta: Hanya obat batuk yang mengandung antihistamin chlorpheniramine yang dapat menyebabkan kantuk. Obat batuk yang tidak dikombinasikan dengan antihistamin tersebut tentu saja tidak akan membuat Anda mengantuk.

5. Mitos: Kehujanan atau udara dingin dapat menyebabkan batuk pilek.

Fakta: Batuk dan pilek pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, bukan disebabkan oleh air hujan maupun udara dingin. Pada beberapa penderita asma dan alergi, udara dingin memang bisa memicu serangan asma.

6. Mitos: Makan sup hangat atau minum alkohol bisa menyembuhkan batuk. pilek

Fakta: Sup hangat atau alkohol memang bisa membuat tubuh lebih hangat. Makanan atau minuman hangat bisa membuat tenggorokan terasa lebih enak, namun bukan berarti menyembuhkan.

7. Mitos: Tidak boleh mandi saat batuk pilek.

Fakta: Mandi tidak akan membuat batuk pilek semakin parah. Justru mandi dapat membuat tubuh lebih bersih serta menjaga tubuh dari sumber penyakit seperti bakteri. 

0 Komentar

Belum ada komentar