Sukses

Susah Tidur? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Memiliki jadwal padat dapat mengganggu waktu tidur Anda. Bahkan, saat tiba waktu untuk tidur, tak jarang Anda mengalami susah tidur. Bagaimana cara mengatasinya?

Tidur yang cukup bisa dianggap barang mahal, terlebih bagi Anda yang memiliki jadwal yang sangat padat setiap harinya. Belum lagi bagi Anda yang dituntut untuk lembur, tidur yang berkualitas kadang sangat sulit untuk diperoleh.

Ketika sudah tiba waktunya untuk tidur, tidak jarang kita merasa sulit untuk memulai tidur. Nah, bagaimana cara mengatasi susah tidur? Untuk menanganinya, Anda harus memperhatikan faktor penyebab Anda sulit tidur. Yuk, kita kenali penyebab susah tidur dan cara mengatasinya berikut!

1 dari 3 halaman

Penyebab Susah Tidur

Sulit tidur sering disebut sebagai insomnia. Namun ternyata, insomnia sendiri memiliki arti lebih dari itu. Insomnia merupakan suatu kondisi saat seseorang sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur atau bangun terlalu cepat, dan sulit untuk kembali tidur.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia, di antaranya:

  • Stres

Kondisi stres yang Anda alami dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda. Saat stres, pikiran Anda akan tetap aktif pada malam hari, sehingga membuat Anda sulit tidur.

Artikel Lainnya: Benarkah Insomnia Bisa Mengancam Jiwa?

  • Jadwal yang Padat

Ritme sirkadian yang merupakan jam internal di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh Anda. Jika kondisi ini terganggu, salah satunya karena jadwal yang terlalu padat, waktu tidur Anda dapat terganggu.

  • Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk adalah waktu tidur yang tidak teratur. Banyak aktivitas sebelum tidur, bekerja, makan, dan menonton di tempat tidur dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Solusi susah tidur adalah menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

  • Makan Terlalu Banyak Menjelang Tidur

Tidak salah jika Anda ingin konsumsi camilan ringan sebelum tidur. Namun, tidak disarankan untuk makan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika Anda berbaring, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit maag. Sebaiknya, beri jarak makan 2 jam sebelum berbaring agar asam lambung tidak naik.

2 dari 3 halaman

Tips Atasi Susah Tidur

Ketika Anda melakukan evaluasi terhadap beberapa faktor yang mungkin dapat menyebabkan Anda susah tidur, terdapat beberapa cara menghilangkan susah tidur. Berikut di antaranya: 

  1. Buat Jadwal Tidur yang Teratur

Tidur yang tidak teratur bisa mengakibatkan Anda susah tidur. Oleh karena itu, mengatasi sulit tidur dapat dilakukan dengan tidur teratur. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.

Artikel Lainnya: Daripada Main Gawai, Lakukan Ini Kalau Susah Tidur

  1. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Baik

Sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur, lingkungan tidur yang baik sangat diperlukan. Berikut beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda:

  • Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin.
  • Suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas.
  • Selain temperatur dan pencahayaan, suara juga sebaiknya terkontrol, sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.
  1. Pastikan Tempat Tidur Nyaman

Selain memperhatikan lingkungan, cara agar bisa tidur cepat adalah dengan memastikan bahwa tempat tidur Anda sudah nyaman. Susah tidur bisa disebabkan oleh tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, serta ukuran tempat tidur yang terlalu kecil.

  1. Berolahraga Teratur

Olahraga sudah dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kualitas tidur Anda tetap baik. Oleh karena itu, berolahraga dapat menjadi cara menghilangkan susah tidur yang bisa Anda coba.

Lakukan olahraga secara teratur, meski hanya sekadar berenang atau berjalan. Namun, pastikan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu berat, apabila jika sudah dekat dengan jam tidur Anda.

  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Solusi susah tidur berikutnya adalah mengurangi konsumsi stimulan, seperti kafein pada teh dan kopi, terutama di malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam sehingga dapat mengganggu proses tidur, serta mencegah tidur malam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.

Artikel Lainnya: Jenis Minuman Ini Dapat Mengatasi Susah Tidur

  1. Hindari Konsumsi Alkohol Berlebih pada Malam Hari

Alkohol dapat mengganggu waktu tidur malam. Oleh karena itu, untuk mengatasi susah tidur, Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol, terutama saat malam hari.

  1. Jangan Merokok

Agar memperoleh tidur yang berkualitas, cara mengatasi susah tidur dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, perokok lebih sulit tidur, sering terbangun, dan sering mengalami gangguan tidur.

  1. Coba Rileks Sebelum Tidur

Bagi Anda yang mengalami susah tidur, salah satu cara cepat tidur yang bisa dilakukan adalah merilekskan tubuh sebelum tidur. Untuk mendapatkan kondisi rileks, lakukan beberapa hal, seperti mandi dengan air hangat, mendengarkan musik pelan, dan melakukan yoga.

  1. Buat Daftar Kegiatan untuk Dilakukan Keesokan Hari

Ternyata, hal sederhana seperti membuat daftar kegiatan untuk dilakukan dapat menjadi solusi mengatasi sulit tidur. Apalagi jika Anda tidak memiliki aktivitas untuk dilakukan esok harinya.

Sebelum tidur, luangkan waktu sebelum tidur untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada esok harinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda tetap di tempat tidur, sehingga waktu tidur malam terganggu.

  1. Jangan Bertahan di Tempat Tidur

Jika mengalami kesulitan tidur malam, jangan terus-terusan bertahan di tempat tidur. Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai sampai rasa kantuk bisa kembali.

Kebiasaan tidur yang baik dapat mencegah dari kekurangan energi pada siang hari, sehingga membuat kerja lebih semangat dan efektif. Oleh karena itu, terapkan cara mengatasi susah tidur di atas untuk memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas.

Namun jika kondisi tidak membaik, sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter secara mudah melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. 

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar