Sukses

Jus Jeruk dapat Mencegah Batu Ginjal!

Asam sitrat yang dimiliki jeruk dapat mengikat kalsium di dalam urin sehingga tidak menumpuk jadi batu di ginjal. Berikut penjelasan selengkapnya oleh dr. Jessica Florencia di sini.

KlikDokter.com - Pembentukan batu ginjal telah banyak diteliti dipengaruhi oleh keseimbangan konsumsi berbagai makanan dan minuman yang mempengaruhi komposisi substansi pembentuk batu di dalam urin.

Teh hitam, susu, cokelat, bayam, keju, daging, dan telur dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal karena menyebabkan pengeluaran oksalat, kalsium, dan asam urat di dalam urin meningkat. Oksalat, kalsium, dan asam urat merupakan substansi pembentuk batu ginjal yang cukup sering.

Selain makanan-makanan yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal, Tuhan juga telah menyediakan makanan-makanan yang dapat menangkal pembentukan batu ginjal ini. Salah satunya adalah keluarga buah jeruk seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon. Bila dikonsumsi dalam bentuk jus buah maka dapat meningkatkan volume cairan urin sehingga dapat melarutkan substansi pembentuk batu.

Kandungan asam sitrat dalam buah-buah ini juga memberikan efek pencegahan tambahan. Asam sitrat mengikat kalsium di dalam urin sehingga tidak bertumpuk menjadi batu. Konsumsi jus buah ini 120 mL per hari terbukti dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Selain itu, Anda harus memperhatikan asupan protein hewani yang berlebih juga. Halaman berikut penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Jus Jeruk dapat Mencegah Batu Ginjal!

Waspadai Konsumsi Protein Hewani Berlebih

Kandungan sitrat di dalam urin juga dipengaruhi oleh status asam-basa di dalam tubuh. Keadaan yang lebih asam dapat menyebabkan penyerapan asam sitrat sehingga tidak dikeluarkan di dalam urin dan tidak dapat menangkal pembentukan batu. Makanan-makanan yang dapat meningkatkan kondisi asam ini adalah daging merah, ikan, daging unggas, keju, dan telur. Diet tinggi protein hewani dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium dan asam urat di dalam urin, menurunkan kadar asam sitrat dan meningkatan keasaman urin. Kesemuanya menyebabkan peningkatan risiko terbentuknya batu ginjal. Konsumsilah protein dalam jumlah secukupnya dan kombinasikanlah dengan protein nabati yang tidak menyebabkan peningkatan risiko terbentuknya batu.

Tidak suka jeruk atau lemon? Minumlah jus melon yang juga mengandung asam sitrat!  

0 Komentar

Belum ada komentar