Sukses

8 Jurus Meredakan Batuk

Batuk Anda tidak kunjung reda? Jangan khawatir, lakukanlah delapan cara ini untuk membantu meredakan batuk Anda.

Permen WOODS

KlikDokter.com - Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari saluran napas dan paru-paru. Namun, terkadang batuk bisa sangat mengganggu aktivitas maupun istirahat jika terjadi terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengurangi batuk:

1. Minum Teh Hangat

Infeksi saluran napas atas pada umumnya menyebabkan produksi dahak bertambah. Dahak tersebut dapat mengiritasi dan menyebabkan batuk.  Segelas air hangat membantu mengencerkan lendir dan menjaga mukosa mulut dan saluran napas tetap lembap.

2. Tinggikan Kepala

Saat tidur, sebaiknya tambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi kepala yang lebih tinggi diyakini dapat mengurangi gejala batuk.

3. Jangan Merokok

Rokok hanya akan memperburuk kondisi Anda, karena rokok menyebabkan iritasi pada mukosa saluran napas dan membuat produksi lendir semakin banyak. Jangan merokok dan jauhkan diri Anda dari perokok.

4. Hindari Iritan

Debu, parfum, pengharum ruangan, asap, mungkin dapat menyebabkan iritasi dan memperparah batuk.

Berikut beberapa kiat lainnya untuk meredakan batuk di halaman selanjutnya selengkapnya.

1 dari 2 halaman

8 Jurus Meredakan Batuk

Permen WOODS

5. Minum Madu

Madu sering disebut sebagai obat tradisional untuk mengurangi batuk. Cobalah untuk mengonsumsi satu sendok madu. Namun, jangan berikan madu untuk anak di bawah umur 1 tahun.

6. Minum Obat Batuk

Pilihlah obat batuk yang sesuai dengan keluhan. Ada dua jenis obat batuk, yaitu:

  • Ekspektoran

Obat batuk ini digunakan untuk batuk berdahak. Bekerja dengan cara mengencerkan dan mengeluarkan dahak dari saluran napas.

  • Antitusif

Obat batuk ini digunakan untuk batuk kering tanpa dahak. Bekerja dengan cara menekan refleks batuk.

7. Istirahat Cukup

Tubuh membutuhkan energi untuk melawan infeksi bakteri atau virus.  Berisitrahatlah saat Anda merasa sakit, jangan memaksakan diri untuk tetap beraktivitas.

8. Periksakan ke Dokter

Segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami batuk berdarah, batuk lebih dari dua minggu, atau batuk disertai nyeri dada, demam, dan sesak napas.

0 Komentar

Belum ada komentar