Sukses

Tenggorokan Kering, Karena Kurang Minum atau Tonsilitis?

Keluhan tenggorokan kering memang terlihat sepele, namun hal tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas. Kenali penyebabnya lebih dalam bersama dr. Dina Kusumawardhani.

Permen WOODS

KlikDokter.com - Semua orang mungkin pernah merasakan gatal atau kering pada tenggorokan. Kelihatannya memang sepele, tapi keluhan ini bisa sangat mengganggu. Pada umumnya tenggorokan kering akan sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa kondisi memerlukan pengobatan.

Apa saja penyebab tenggorokan kering? Berikut di antaranya:

1. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan tidak hanya membuat kulit bagian luar tubuh menjadi kering, tapi juga lapisan mukosa tubuh seperti mulut dan tenggorokan. Jadi, minumlah cairan dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi. Gejala akan segera menghilang setelah Anda meminum air.

2. Alergi

Alergi terhadap binatang, debu, serbuk sari, asap, bisa menyebabkan lapisan mukosa saluran napas teriritasi dan sakit pada tenggorokan. Selain itu, zat yang bersifat iritan seperti rokok, makanan pedas, dan alkohol juga dapat memicu tenggorokan kering.

3. Udara Kering

Udara yang kering, terutama saat Anda bernapas melalui mulut, misalnya pada pagi hari saat bangun tidur dapat menyebabkan tenggorokan kering.

Berikut beberapa penyebab tenggorokan kering lainnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Tenggorokan Kering, Karena Kurang Minum atau Tonsilitis?

Permen WOODS

4. Tonsilitis

Tonsilitis merupakan infeksi atau peradangan pada tonsil. Tonsil atau sering juga disebut amandel adalah kelenjar limfoid (kelenjar getah bening) yang terletak pada bagian belakang rongga mulut dan merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Manusia memiliki dua tonsil, di sisi kiri dan kanan rongga mulut. Tonsilitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Tandanya adalah sakit tenggorokan, demam, nyeri menelan pembengkakan atau kemerahan di tonsil.

5. Faringitis

Faringitis adalah infeksi pada faring, yaitu bagian atas belakang rongga mulut, antara tonsil dan laring atau pita suara. Faringitis bisa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Gejala utamanya adalah demam dan sakit tenggorokan, kadang disertai pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher.

0 Komentar

Belum ada komentar