Sukses

Pilih Obat Sesuai Jenis Batuk

Sudah tepatkah obat batuk yang Anda pilih? Lalu apa reaksinya setelah Anda mengonsumsinya, sembuh atau malah semakin parah? Untuk menentukan obat batuk yang sesuai, perhatikanlah tanda-tanda batuk Anda. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Permen WOODS

KlikDokter.com - Tidak semua batuk membutuhkan pengobatan. Pada umumnya, batuk bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, terutama batuk yang disebabkan oleh flu. Namun, batuk tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas atau waktu tidur.

Obat batuk bisa membantu Anda meredakan gejala. Sebelum membeli obat batuk, penting bagi Anda untuk mengenali dulu jenis-jenisnya.

Obat batuk ada yang bisa dibeli tanpa resep dokter, dan ada juga yang harus melalui resep dokter. Obat batuk yang bisa dibeli tanpa resep dokter terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Antitusif

Antitusif bekerja dengan menekan refleks batuk. Pada umumnya, obat batuk antitusif mengandung dextromethorphan dan hanya digunakan untuk batuk kering tanpa dahak. Saat ini obat dextromethorphan tidak dapat dibeli secara terpisah, namun sudah dalam bentuk kombinasi dengan obat antihistamin dan/atau dekongestan.

  • Ekspektoran

Ekspektoran bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran napas. Ekspektoran mengandung guaifenesin. Dahak merupakan benda asing yang memicu batuk, jika dahak keluar maka batukpun akan mereda. Sama halnya dengan antitusif, obat batuk ekspektoran juga biasanya tersedia dalam bentuk kombinasi dengan antihistamin atau dekongestan. Jika Anda mengalami batuk berdahak jangan lupa untuk mengonsumsi lebih banyak air putih, karena dapat membantu mengencerkan dahak.

Kemudian ada jenis lain obat batuk, yakni obat batuk kombinasi. Berikut di halaman selanjutnya penjelasan mengenai obat batuk kombinasi.

1 dari 2 halaman

Pilih Obat Sesuai Jenis Batuk

Permen WOODS

Obat batuk kombinasi tidak hanya dapat mengurangi keluhan batuk, namun juga bermanfaat untuk sakit tenggorokan dan pilek. Namun, jika keluhan Anda hanya batuk tanpa pilek maka yang Anda butuhkan bukanlah obat batuk kombinasi, tetapi obat batuk tanpa dekongestan.

Untuk penderita hipertensi, Anda harus berhati-hati menggunakan obat batuk pilek yang mengandung dekongestan atau pseudoefedrin karena dapat meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memilih pengobatan sendiri.

Selain itu, jangan pernah memberikan obat batuk Anda untuk anak di bawah 4 tahun. Pemberian obat batuk anak berbeda dengan obat batuk dewasa, termasuk jenis dan cara pemberiannya.

0 Komentar

Belum ada komentar