Gigi Mulut

Bisakah Belimbing Wuluh Memutihkan Gigi?

drg. Wiena Manggala Putri, 12 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada banyak manfaat kesehatan dari belimbing wuluh. Namun, apa benar belimbing wuluh bisa memutihkan gigi? Cek faktanya di sini!

Bisakah Belimbing Wuluh Memutihkan Gigi?

Memiliki gigi yang putih memang akan membuat tampilan senyum semakin menarik. 

Selain dengan perawatan bleaching, kamu juga dapat mencoba cara alami lainnya untuk memutihkan gigi. Salah satunya dengan menggunakan belimbing wuluh.

Tak hanya digunakan sebagai bahan masakan tradisional Indonesia, belimbing wuluh juga dikenal memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Menurut survei, tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional, dari diabetes hingga hipertensi. 

Bahkan, menurut jurnal di Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara, belimbing wuluh mengandung senyawa karboksilat dan peroksida yang dikatakan dapat memutihkan gigi. 

Akan tetapi, seberapa aman dan efektifkah penggunaan belimbing wuluh untuk memutihkan gigi

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Memutihkan Gigi

Pemutihan gigi atau bleaching adalah salah satu perawatan estetik gigi yang paling banyak diminati orang. 

Bahan yang biasa digunakan dalam pemutihan gigi, di antaranya hidrogen peroksida dan karbamid peroksida, yang dapat berbentuk gel atau pasta dengan konsentrasi yang berbeda-beda.

Namun, penggunaan pemutih gigi dengan konsentrasi tinggi untuk meningkatkan efisiensi diyakini memiliki efek negatif pada struktur gigi. 

Oleh karena itu, penggunaan bahan alami sebagai pemutih gigi diharapkan dapat membantu mencerahkan warna gigi dengan efek samping yang minimal. 

Artikel Lainnya: Pemutihan Gigi dengan Laser, Apakah Efektif?

Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, buah belimbing wuluh berpotensi sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. 

Kandungan senyawa karboksilat di dalamnya, khususnya asam oksalat, memiliki sifat yang sama seperti peroksida. 

Menurut studi literatur repositori Universitas Hasanuddin, di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan saponin yang berfungsi sebagai pembersih dan pencerah gigi, serta kalsium dan fosfor yang penting dalam proses remineralisasi gigi. 

Kandungan lainnya seperti flavonoid memiliki sifat antibakteri gram positif, dan mampu meningkatkan kesehatan rongga mulut dengan menghentikan proses demineralisasi dan menghambat lepasnya mineral pada gigi.

Sebuah penelitian menggunakan ekstrak belimbing wuluh dan mengaplikasikannya ke gigi manusia selama 14 hari. 

Hasilnya, terjadi perubahan warna pada email gigi. Namun, perubahan warna ini dapat bervariasi tergantung dari ketebalan lapisan email dari usia gigi pasien itu sendiri.

Meskipun gigi yang diaplikasikan dengan belimbing wuluh menunjukkan hasil perubahan warna menjadi lebih putih, namun efek memutihkannya belum dapat menyaingi karbamid peroksida. 

Adakah Efek Sampingnya?

Belimbing Wuluh

Menurut Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan (Jurnal Pikes), belimbing wuluh mengandung asam oksalat yang derajat keasamannya di bawah pH kritis enamel gigi, yaitu di bawah 5,5. 

Atas dasar ini, penggunaan belimbing wuluh untuk memutihkan gigi dapat menyebabkan terjadinya demineralisasi gigi. 

Pada kondisi tersebut, enamel gigi akan melunak dan dapat membuat mineral di dalam gigi terlepas. 

Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan munculnya karies gigi. Kondisi karies gigi yang dibiarkan begitu saja dapat memicu gigi keropos dan gigi berlubang

Artikel Lainnya: Fakta Memutihkan Gigi yang Perlu Anda Tahu

Cara Memutihkan Gigi dengan Belimbing Wuluh

Jika kamu ingin mencoba belimbing wuluh untuk memutihkan gigi, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan sekitar dua atau tiga belimbing wuluh muda yang sudah dibersihkan, garam, dan sikat gigi.
  • Parut semua belimbing hingga halus.
  • Jika belimbing sudah halus, campurkan dengan garam hingga merata.
  • Letakkan campuran belimbing wuluh dan garam tadi pada sikat gigimu.
  • Gosokkan pada gigi dan lakukan secara rutin minimal dua kali sehari, jangan lupa untuk berkumur menggunakan air bersih.

Walaupun begitu, efektivitas belimbing wuluh untuk membantu memutihkan gigi serta informasi tentang efek sampingnya masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Oleh karena itu, jika kamu perlu tindakan untuk memutihkan gigi, berkonsultasilah terlebih dulu dengan ahlinya untuk mendapatkan warna gigi yang lebih cerah namun tetap aman untuk kesehatan gigi.

#JagaSehatmu dengan membaca informasi kesehatan tepercaya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa menggunakan fitur Tanya Dokter, di mana kamu dapat bertanya kepada dokter mengenai masalah kesehatan apa pun.

[RS]

Gigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait