Sukses

Bisakah Belimbing Wuluh Memutihkan Gigi?

Ada banyak manfaat kesehatan dari belimbing wuluh. Namun, apa benar belimbing wuluh bisa memutihkan gigi?

Tak hanya digunakan sebagai bahan masakan tradisional Indonesia, belimbing wuluh juga dikenal memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Menurut survei literatur, tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional, dari diabetes mellitus hingga hipertensi. Bahkan, belimbing wuluh dikatakan dapat memutihkan gigi. Benarkah? 

Memiliki gigi yang putih memang akan membuat tampilan senyum semakin menarik. Selain menggunakan perawatan bleaching untuk memutihkan gigi, Anda juga dapat mencoba cara alami yang tentunya lebih aman. 

Ada banyak sekali cara memutihkan gigi dengan bahan alami, seperti penggunaan kulit jeruk, kulit pisang, baking soda, stroberi, susu, hingga berkumur-kumur dengan air jahe. Belimbing wuluh juga dinilai dapat membantu memutihkan gigi. Mari simak manfaat belimbing wuluh untuk gigi dalam artikel berikut. 

1 dari 3 halaman

Penjelasan Belimbing Wuluh untuk Gigi

Pemutihan gigi telah menjadi salah satu perawatan estetik gigi yang paling banyak diminati orang. Bahan yang biasa digunakan dalam pemutihan gigi, di antaranya hidrogen peroksida dan karbamid peroksida, yang dapat berbentuk gel atau pasta dengan konsentrasi yang berbeda-beda.

Namun, penggunaan pemutih gigi dengan konsentrasi tinggi untuk meningkatkan efisiensi diyakini memiliki efek negatif pada struktur gigi. Oleh karena itu, penggunaan bahan alami sebagai pemutih gigi diharapkan dapat mengembalikan warna putih gigi dengan efek samping yang minimal.

Artikel Lainnya: Ingin Sehat? Yuk, Makan Buah Belimbing!

Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, buah belimbing wuluh atau yang disebut juga dengan Averrhoa bilimbi berpotensi untuk dijadikan bahan alami pemutih gigi. Kandungan senyawa karboksilat di dalamnya, khususnya asam oksalat, memiliki sifat yang sama seperti peroksida sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pemutih. 

Selain itu, terdapat juga senyawa peroksida yang diduga dapat memutihkan gigi yang mengalami perubahan warna. 

Pada sebuah penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan ekstrak belimbing wuluh yang diaplikasikan ke gigi manusia selama 14 hari, menunjukkan bahwa terjadi perubahan warna pada email gigi. Namun, perubahan warna ini dapat bervariasi tergantung dari ketebalan lapisan email dari usia gigi pasien itu sendiri.

Meskipun gigi yang diaplikasikan dengan belimbing wuluh menunjukkan hasil perubahan warna menjadi lebih putih, namun efeknya belum dapat menyaingi karbamid peroksida.

Temuan tersebut masih harus dikerjakan sesuai prosedur. Untuk itu, perlu penelitian lebih lanjut dalam pemakaiannya sebagai agen pemutih gigi sebelum digunakan oleh konsumen ataupun dokter gigi.

Artikel Lainnya: Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Belimbing Wuluh

Namun, jika Anda ingin mencoba belimbing wuluh untuk memutihkan gigi, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan sekitar 2 atau 3 belimbing wuluh muda yang sudah dibersihkan, garam, dan sikat gigi.
  2. Parut semua belimbing hingga halus.
  3. Jika belimbing sudah halus, campurkan dengan garam hingga merata.
  4. Letakkan campuran belimbing wuluh dan garam tadi pada sikat gigi Anda.
  5. Gosokkan pada gigi dan lakukan secara rutin minimal dua kali sehari, jangan lupa untuk berkumur menggunakan air bersih.

Jadi, efektivitas belimbing wuluh dalam membantu memutihkan gigi masih perlu penelitian lebih lanjut. Selain itu, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya untuk mendapatkan gigi putih cemerlang. 

Gigi yang putih memang menarik, namun jauh lebih baik lagi memiliki gigi yang sehat. Untuk itu, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan gigi Anda dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari. 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan tim dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Yuk, unduh sekarang juga!

[FY/RS]

0 Komentar

Belum ada komentar