Sukses

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Tahukah Anda kalau buah belimbing dapat membuat warna gigi jadi putih bersih? Mari simak penjelasan drg. Martha Mozartha melalui artikel berikut.

KlikDokter.com - Bukan hanya artis, masyarakat awam pun kini semakin banyak yang ingin memiliki gigi yang putih untuk membuat tampilan senyum lebih menarik.

Gigi yang mengalami perubahan warna, disebut juga diskolorasi gigi, dapat dirawat dengan perawatan pemutihan gigi (dental bleaching).

Perawatan ini umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, seperti hidrogen peroksida.

Bahan kimia yang digunakan pada prosedur dental bleaching ternyata dapat menyebabkan efek samping, di antaranya gigi menjadi sensitif dan iritasi pada gusi.

Maka dari itu banyak penelitian yang mencoba mencari bahan alami sebagai alternatif bahan kimia pemutih gigi. Buah stroberi disebut-sebut sebagai salah satu cara alami yang dapat membuat gigi menjadi lebih putih.

Klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Dari penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa buah belimbing juga berpotensi untuk dijadikan bahan pemutih gigi.

Belimbing yang digunakan dalam penelitian ini adalah belimbing wuluh atau disebut juga belimbing asam (Averrhoa bilimbi), yang banyak digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia.

Buah ini mengandung asam oksalat dan peroksida, yang diharapkan dapat beraksi sebagai pemutih gigi.

Penelitian eksperimental laboratorik ini membandingkan efektivitas aplikasi bahan karbamida peroksida 10% dengan belimbing wuluh.

Hasilnya ternyata gigi yang diaplikasikan dengan belimbing wuluh mengalami perubahan warna menjadi lebih putih secara signifikan, meski efeknya belum dapat menyaingi karbamida peroksida.

Tentu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam pemakaian belimbing wuluh sebagai agen pemutih gigi, sebelum dapat digunakan oleh dokter gigi atau konsumen di pasaran.

Referensi: Colour change of enamel after application of Averrhoa bilimbi and 10% carbamide peroxide as bleaching agents. Fauziah C, Fitriyani C, Diansari V. Dipresentasikan di KPPIKG 2013.

0 Komentar

Belum ada komentar